Apakah teknologi digital membuat perusahaan lebih efisien?

Future_technology_devices_Edge_Mediaspace_1Teknologi digital adalah perubahan besar bagi perilaku bisnis sekarang.Teknologi sekarang seperti  Mobile Technology, social media, cloud computing, embedded device, big data analytic telah mengubah wajah kerja dan kompetisi bisnis. Namun, benarkah yang dibutuhkan adalah teknologi digital dalam dunia bisnis.

Dr. Didiet Bonnet, co-author buku Leading Digital : Turning technology into business menjelaskan bahwa bukanlah teknologi digital yang diperlukan. Tapi perubahan terhadap teknologi itu yang dibutuhkan, atau lebih tepat disebut sebagai Digital Transformation. Pemenuhan terhadap segenap potensi dan kemampuan teknologi digital yang ada untuk mendukung dan mendorong bisnis, memerlukan pemimpin yang mampu menciptakan institusi mereka bergerak dalam lingkungan digital. Para leader tersebut perlu menggerakan karyawan mereka dalam proses bagaimana cara mereka bekerja dan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan mengenai cara terbaik. Karena itu, menurut Bonner, transformasi digital adalah kompetensi dan tugas kunci bagi para manajer bisnis saat ini.

Dalam riset yang dilakukan Bonnet, menunjukkan bahwa sebagian perusahaan sudah siap, tapi kebanyakan minoritas. Ada satu pengecualian. Sebuah perusahaan, sebutlah “Digital Master”, sangat siap dan telah mendayagunakan potensi teknologi digital dalam proses bisnis mereka. Mereka menggunakan teknologi digital untuk mendorong perubahan perusahaan dengan profit lebih lebih tinggi, produktifitas lebih besar dan manfaat bagi pelanggan lebih besar. Mereka mampu mengambil segenap keunggulan potensi transformasi teknologi digital untuk mengubah dan mendisain ulang secara radikal bagaimana organisasi mereka beroperasi dan berkompetisi.

Apa saja yang bisa dipelajari dari perusahaan Digital Master ini ? ternyata mereka bisa mempertahankan dan mengembangkan dual perspektif transformasi yang perlu dijalankan. Pertama adalah : mereka membuat investasi cerdas dalam teknologi digital untuk berinovasi bagaimana meningkatkan keterikatan customer (customer engagement), proses bisnis dan model bisnis yang mendukung. Yang kedua, inilah yang sering dilupakan perusahaan. Digital Master membangun kapabilitas para leadernya untuk menciptakan visi dan menggerakan transformasi digital dalam perusahaan dan budaya mereka. Mereka menginovasikan best practice management dalam dunia digital. Dalam dua sisi tersebut, kapabilitas leader dibutuhkan untuk mengkonversikan investasi teknologi digital ke dalam keunggulan potensi digital yang bisa mengubah perusahaan , sumber daya dan financial kea rah lebih baik.

Itulah kunci transformasi digital dalam dunia teknologi digital sekarang. Apakah anda sudah melakukannya dengan kecepatan teknologi digital yang berkembang sekarang ini?

Satu pemikiran pada “Apakah teknologi digital membuat perusahaan lebih efisien?

  1. Ping balik: Apakah teknologi digital membuat perusahaan lebih efisien? | ITGID

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s