Belajar dari Adidas AG, tentang nilai-nilai perusahaan

adidas glow in the darkAdidas Group AG, bermarkas di Herzogenaurach, Germany. Didirkan oleh Adi Dassner, sehingga ucapan yang tepat adalah AH-dee dass, dengan akses pada kata pertama. (perhatikan : adidas diucapkan dengan lower case ‘a’ pada kalimat pertama).

Adidas merupakan perusahaan sepatu dan sport terbesar ke dua di dunia, dengan 50 ribu karyawan, dan lebih dari 3000 toko ritel seluruh dunia. Perusahaan beroperasi di sekitar 200 negara di dunia. Bagaimana Adidas mempertahankan dan menginternalisasi nilai-nilai kepada seluruh karyawannya? Berikut adalah ulasan dari VP HR adidas.

Adidas memiliki program yang disebut sebagai NWoW, singkatan dari New Way of Working. Setelah cakupan dan lingkup program disetujui oleh tim Executive, maka tugas bagi bagian HR untuk menggabungkan NWoW ke dalam DNA perusahaan atau menjadi ‘genetik’ perusahaan Adidas.

Team HR selanjutnya menjalankan sekitar 83 sesi Leadership Journey Training, mulai dari kepala fungsi perusahaan. Sesi ini terdiri dari pertemuan 3 hari, pertemuan dua hari dan satu hari pertemuan. Fasilitator sering disebut sebagai “ pakar penyiksaan”, menurut VP HR Adidas, namun semua sesi yang dijalankan mampu “mengeluarkan gajah keluar” , sebuah ungkapan keberhasilan mengeluarkan hambatan mental dalam karyawan.

Selanjutnya diadakan 586 lokakarya NWoW Lokakarya untuk lebih banyak karyawan. Berikut ini adalah contoh dari antusiasme. Karyawan mengubah pertanyaan “Am I living it?” menjadi kalimat lebih empatik “Living it! (and Spreading It) “. Selanjutnya menandatangani secara pribadi.

NWoW AdidasDisini, antusiasme karyawan Adidas terbentuk, untuk hidup dengan nilai-nilai perusahaan Adidas. Bukan lagi New way of Working, tetapi menjadi My Way of Working, yaitu Open and Honest, Fact based, Non-Political, Collaborative, Efficient.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s