Area apa yang mesti dianalisa dalam kebutuhan pelatihan?

What you need concept, words on blackboard.Dalam menganalisa suatu program pelatihan, berdasarkan pengalaman atau berinteraksi dengan para praktisi, acapkali tidak tepat sasaran. Bahkan terkadang sering dianggap sebagai program ‘kejar setoran’, sehingga kredibilitas penanggungjawab program pelaksana pelatihan menjadi rendah di mata user. Pada dasarnya, ini disebabkan karena kegagalan mengidentifikasi maupun menginvestigasi secara baik, penyelenggaraan program pelatihan paling tepat sesuai kebutuhan.

Karena itu, ketika memberikan sesi coaching maupun pelatihan tentang analisa kebutuhan pelatihan, penegasan tentang mana area yang menjadi fokus kebutuhan pelatihan , perlu dipahami secara benar. Pemahaman terhadap tiga aspek tersebut meliputi:

  1. Kebutuhan pada tingkat Perusahaan/Organisasi
  2. Kebutuhan pada tingkat Operasional
  3. Kebutuhan pada tingkat Individu / Personal

Kebutuhan pada tingkat Perusahaan dibutuhkan, jika terjadi kelemahan secara umum pada organisasi perusahaan. Bisa terjadi adanya penurunan produktifitas, penurunan profit maupun lainnya. Perhatian diperlukan adalah bagaimana bagian Pelatihan mampu memberikan kontribusi perannya untuk mendukung perbaikan kinerja perusahaan.

Kebutuhan pada tingkat operasional dicirikan adalah bagaimana fungsi organisasi pada tingkat operasional mampu berjalan lancar serta beraktifitas dengan efektif dan efisien. Sedangkan pada tingkat individu, lebih ditetapkan pada apakah segala ketrampilan, pengetahuan maupun perilaku individu sudah mendukung terhadap posisi atau jabatan yang diemban.

Sumber informasi kebutuhan tingkat organisasi sangat luas. Bisa diperoleh data tentang kinerja organisasi, rencana strategis, hasil audit organisasi, tingkat kecelakaan kerja maupun hasil observasi dan wawancara. Untuk tingkat operasional, bisa diperoleh data berdasarkan tingkat kinerja fungsi organisasi, persyaratan pekerjaan maupun deskripsi jabatan. Sedangkan sumber informasi tingkat individu diperoleh dari hasil penilaian kinerja individu, hasil test individu, hasil assessment serta catatan individu lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s