Cara 1 Rekayasa Ulang Proses Bisnis : Eliminasi Birokrasi

bureacracy1Dalam tulisan sebelumnya, dijelaskan mengenai 10 cara melakukan rekayasa ulang bisnis proses. Cara pertama yang akan diperkenalkan adalah Eliminasi Birokrasi, atau menghilangkan birokrasi tak perlu. Apa itu birokrasi, dan mengapa perlu dieliminasi?

Birokrasi dapat diartikan sebagai suatu organisasi dengan rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer.

Pada rantai komando ini setiap posisi serta tanggung jawab kerjanya dideskripsikan dengan jelas dalam bagan organisasi. Organisasi ini pun memiliki aturan dan prosedur ketat sehingga cenderung kurang fleksibel. Ciri lainnya adalah biasanya terdapat banyak formulir yang harus dilengkapi dan pendelegasian wewenang harus dilakukan sesuai dengan hirarki kekuasaan.

Karena itulah, di dunia bisnis, sangat tidak menyukai birokrasi dan memang sudah seharusnya dieliminasi. Para manajer atau karyawan di dunia bisnis cenderung memiliki keinginan sama yaitu memangkas birokrasi, karena birokrasi menambah waktu dan biaya. Selain itu, birokrasi juga mengurangi kualitas output daripada menambah kualitas pada proses di dalamnya.

Contoh eliminasi birokrasi yang radikal, ada pada organisasi DARPA seperti tercantum di web ini. Dengan hanya mempekerjakan Program Director dan layer dibawahnya Project Manager, maka beberapa program hebat bisa berjalan efektif. Dengan mempertahankan hanya dua hirarki level saja maka aliran informasi, ide program, kreatifitas serta keputusan dapat diambil dengan cepat.

Sehingga manfaat untuk mengurangi birokrasi dalam bisnis proses adalah :

  1. Mengurangi waktu proses
  2. Mengurangi biaya
  3. Menurunkan waktu siklus (cycle time)
  4. Meningkatkan moral karyawan, karena dilibatkan dalam keputusan lebih tinggi
  5. Meningkatkan kepercayaan karyawan karena dilibatkan secara bertanggungjawab.

Jika birokrasi dapat dijustifikasi secara biaya, maka analisis lebih lanjut bisa dieksekusi untuk mengetahui akar penyebab keberadaannya (root cause) serta mengeliminasi akar penyebab itu agar proses-proses operasional tidak perlu bisa dieliminasi.

3 pemikiran pada “Cara 1 Rekayasa Ulang Proses Bisnis : Eliminasi Birokrasi

  1. Ping balik: Training Quality Indonesia-Konsultan ISO 9001-Konsultan Advance quality-Pelatihan Mutu | Kami lembaga Training Quality dan Konsultasi ISO untuk implementasi sertifikasi mutu dan kualitas produk maupun jasa

  2. Ping balik: Cara 4 Rekayasa Ulang Bisnis Proses : Simplifikasi Proses | ilmu SDM

  3. Ping balik: Training Quality Indonesia-Konsultan ISO 9001-Konsultan Advance quality-Pelatihan Mutu | Kami lembaga Training Quality dan Konsultasi ISO untuk implementasi sertifikasi mutu dan kualitas produk maupun jasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s