Inilah negara-negara peringkat ekonomi besar tahun 2014 (2)

china USBerdasarkan data dari International Comparison Program (ICP), ternyata selisih kekuatan ekonomi antara China dan Amerika Serikat sudah semakin dekat. Hanya perlu meningkatkan GDP berdasarkan PPP sebesar 14% saja, maka China sudah menyamai Amerika dalam GDP . Meskipun jika dibandingkan GDP per kapita, maka peringkat China jauh dibawah Amerika Serikat.

ICP juga merilis daftar negara paling mahal, paling kaya dan termiskin per kapita, serta negara dengan pengeluaran investasi terbesar. Siapa saja negara tersebut? Inilah beberapa negara dimaksud.

Negara mana yang paling mahal biaya hidupnya ?

Price Level Index ( PLI ) adalah rasio dari PPP ke nilai tukar yang sesuai . Indeks lebih dari 100 berarti harga lebih tinggi daripada rata-rata di dunia, dan  kurang dari 100 berarti harga relatif lebih rendah.

Ekonomi yang paling mahal dalam hal GDP adalah Swiss , Norwegia , Bermuda , Australia dan Denmark , dengan indeks berkisar 210-185 . Amerika Serikat peringkat 25 di dunia, lebih rendah daripada kebanyakan negara berpenghasilan tinggi lainnya , termasuk Perancis , Jerman , Jepang , dan Inggris .

Ada 23 negara yang menunjukkan PLI dibawah 50 . Negara dengan ekonomi termurah : Mesir , Pakistan , Myanmar , Ethiopia dan Republik Demokratik Rakyat Laos , dengan indeks mulai dari 35 sampai 40.

Negara yang terkaya dan termiskin di per kapita ?

Lima negara dengan GDP per kapita tertinggi adalah Qatar , Macao SAR-China , Luksemburg , Kuwait , dan Brunei . Dua negara pertama memiliki lebih dari $ 100.000 per kapita .

Sebelas negara memiliki lebih dari $ 50.000 per kapita , sementara secara kolektif mereka mencakup kurang dari 0,6 persen populasi dunia. Amerika Serikat memiliki PDB per kapita tertinggi ke-12 .

Delapan negara : Malawi , Mozambik , Republik Afrika Tengah , Nigeria , Burundi , Kongo , Komoro dan Liberia – memiliki GDP per kapita kurang dari $ 1.000.

Negara-negara yang mengabdikan sebagian besar pengeluaran yang secara langsung menguntungkan individu ?

Ukuran umum dari kesejahteraan materi penduduk negara diukur lebih baik dengan konsumsi individu aktual per kapita, yaitu ukuran seluruh pengeluaran dalam perekonomian yang secara langsung menguntungkan individu, bukan oleh PDB per kapita . Dengan ukuran ini , lima negara dengan konsumsi individu aktual per kapita tertinggi adalah Bermuda , Amerika Serikat , Kepulauan Cayman , Hong Kong SAR – China , dan Luksemburg. Rata-rata konsumsi individu sebenarnya dunia per kapita adalah sekitar $ 8.647 .

Pengeluaran investasi

Pada angka 27 persen , China kini memiliki pangsa terbesar dari pengeluaran dunia untuk investasi  (pembentukan modal tetap bruto ), diikuti oleh Amerika Serikat pada 13 persen .

India , Jepang dan Indonesia mengikuti dengan 7 persen , 4 persen , dan 3 persen.

China dan India berkontribusi sekitar 80 persen dari pengeluaran investasi di Asia dan Pasifik . Rusia menyumbang 77 persen dari CIS , Brasil 61 persen dari Amerika Latin dan Arab Saudi untuk 40 persen dari Asia Barat .

References :

International Comparision Program (ICP) Result – World Bank. 2014. Page 79 – 84. Dikutip dari laman : http://siteresources.worldbank.org/ICPINT/Resources/270056-1183395201801/Summary-of-Results-and-Findings-of-the-2011-International-Comparison-Program.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s