Belajar Succession Plan di GE

jack-welchKetika memberikan pelatihan tentang Career Management dan Succession Plan, studi kasus terbaik yang penulis sampaikan adalah GE. Sebagai perusahaan yang telah berdiri lebih dari 100 tahun, dan merupakan satu-satunya perusahaan yang masih dicatat dalam Dow Jones Industrial Index selama 100 tahun lebih sejak tahun 1896, maka GE bisa menjadi referensi bagus dalam perencanaan suksesi.

Contoh terkenal adalah bagaimana Jack Welch, memberikan succession plan, saat mulai memasuki masa pensiun. Apa saja yang dilakukan oleh Jack Welch, bagaimana cara dia melakukan sucession plan di GE, termasuk transformasinya, silakan simak selanjutnya.

Pada tahun 1994, tahun sebelum ia pensiun dari GE, Jack Welch telah memulai proses perencanaan suksesi. Ia mengembangkan daftar kualitas, keterampilan dan karakteristik CEO dasarnya harus mereka miliki. Ada sekitar 15 elemen daftar karakteristik yang mesti dimiliki.

Ada tiga kandidat untuk posisi teratas di GE yaitu : Jeffrey Immelt (Immelt) CEO GE Medical System, W. James McNerney (McNerney), CEO dari GE Aircraft Engines, dan Robert L.Nardelli (Nardelli), Presiden dan CEO GE Power Systems. Pada bulan November 2000, General Electric Inc (GE) mengumumkan bahwa Jeffrey Immelt (Immelt), Presiden dan CEO dari GE Medical Systems, akan menjadi penerus Jack Welch (Welch), Chairman dan CEO perusahaan. Welch pensiun pada bulan September 2001, setelah sukses 41 tahun bertugas di GE. Welch merasakan juga kesulitan dalam memilih satu dari tiga kandidat terbaik GE yang dimiliki. Dalam pernyataannya, Welch menyebutkan : “was the most difficult and agonizing decision, ever had to make….All the three exceeded every expectation we set for them.

Namun, pilihan harus ditetapkan dan Immelt terpilih sebagai CEO. Welch mengkarakterisasikan Immelt sebagai “A natural leader, and ideally suited to lead GE for many years,“. Kemampuan Welch yang cukup mumpuni adalah selalu ada seseorang yang siap menggantikan dirinya, ketika Welch ditawari promosi. Ketika menduduki jabatan CEO, bahkan sudah disebutkan sejak tahun 1991 dimana Welch menyatakan : “From now on, choosing my successor is the most important decision I’ll make. It occupies a considerable amount of thought almost every day.” Disini terlihat keseriusan Welch dalam membangun suksesi bagi perusahaan yang sudah ditingkatkan value nya menjadi 410 milyar USD.

Pada akhirnya, kesuksesan GE terus berlanjut. Meskipun karakter Welch berbeda dengan Immelt, tapi Immelt berhasil meneruskan dan membangun kepemimpinan GE dalam berbagai bidang bisnis. Tercatat, GE menjadi pemain yang diperhitungkan dalam bisnis infrastruktur, industri, layanan kesehatan, finansial dan industri hiburan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s