Inilah negara-negara peringkat ekonomi besar tahun 2014 ! (1)

handle worldBerdasarkan dari dari International Comparison Program (ICP), menunjukkan bahwa perekonomian dunia memproduksi barang dan jasa senilai lebih dari $ 90 triliun pada 2011 , dan bahwa hampir setengah dari total output dunia berasal dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah .

Di bawah kewenangan United Nations Statistical Commissions , tahun 2011 putaran ICP meliputi 199 negara – sebagai upaya yang paling luas pernah dilakukan untuk mengukur Purchasing Power Parity ( PPP ). ICP 2011 melakukan sejumlah perbaikan metodologis atas upaya terakhir untuk menghitung PPP .

Pelaksanaan ICP dipimpin dan dikoordinasikan oleh Global Office ICP , yang diselenggarakan oleh World Bank, bermitra dengan badan-badan regional yang mengawasi kegiatan di delapan wilayah geografis : Afrika , Asia dan Pasifik , Commonwealth of Independent States ( CIS ) , Amerika Latin , Karibia , Asia Barat , Kepulauan Pasifik , dan negara-negara dari program PPP reguler dikelola oleh Statistic Office of European Communities ( Eurostat ) serta Organization for Economic Cooperation and Development ( OECD ) . Selain itu, dua negara ‘tunggal’ ekonomi , Georgia dan Iran, berpartisipasi dengan negara mitra , tanpa menjadi bagian dari setiap kerjasama regional.

Bagaimana peringkat negara ekonomi berdasarkan dari ICP tersebut? bagaimana posisi Indonesia? Inilah hasilnya.

Temuan utama :

Enam dari dua belas negara terbesar di dunia berada di kategori berpenghasilan menengah ( berdasarkan definisi Bank Dunia ) . Ketika dikombinasikan , kedua belas negara terbesar itu setara dengan dua – pertiga dari ekonomi dunia , dan mencakup 59 persen dari populasi dunia .

GDP dunia berbasis PPP sebesar $ 90,647 miliar , dibandingkan dengan $ 70,294 miliar bila diukur dengan nilai tukar . Porsi ekonomi menengah dari GDP global adalah 48 persen bila menggunakan PPP dan 32 persen ketika menggunakan nilai tukar.

Ekonomi berpenghasilan rendah , sebagai bagian dari PDB dunia lebih dari dua kali lebih besar berdasarkan PPP. Namun , negara ini hanya menyumbang 1,5 persen dari ekonomi global , meskipun mencakup 11 persen dari populasi dunia .

Sekitar 28% dari populasi dunia tinggal di negara dengan pengeluaran PDB per kapita di atas rata-rata dunia $ 13.460 dan 72 persen berada di bawah rata-rata itu .

Siapa negara dengan ekonomi besar?

Berikut urutan negara berdasarkan GDP dengan PPP :

  1. United States (AS) 17,1 %
  2. China 14,9 %
  3. India 6,4 %
  4. Japan 4,8 %
  5. German 3,7 %
  6. Rusia 3,5 %
  7. Brazil 3,1 %
  8. Perancis 2,6 %
  9. United Kingdom 2,4 %
  10. Indonesia 2,3 %
  11. Italy 2,3 %
  12. Mexico 2,1 %
  13. Spanyol 1,6 %
  14. Korea, Rep. 1,6 %
  15. Canada 1,6 %
  16. Saudi Arabia 1,5 %
  17. Turki 1,5 %
  18. Iran . 1,4 %
  19. Australia 1,1 %
  20. Taiwan, China 1 %

Keenam negara terbesar pendapatan menengah – China , India , Rusia , Brazil , Indonesia dan Meksiko – menyumbang 32,3 persen dari PDB dunia , sedangkan 6 terbesar ekonomi berpenghasilan tinggi – Amerika Serikat , Jepang , Jerman , Perancis, Inggris , dan Italia memberi kontribusi 32,9 persen .

Asia dan Pasifik , termasuk China dan India , menyumbang 30 persen dari PDB dunia , Eurostat – OECD 54 persen , Amerika Latin 5,5 persen ( tidak termasuk Meksiko , yang berpartisipasi dalam OECD dan Argentina , yang tidak berpartisipasi dalam ICP 2011 ) , Afrika dan Asia Barat sekitar 4,5 persen masing-masing .

China dan India membentuk dua – pertiga dari Asia dan ekonomi Pasifik , tidak termasuk Jepang dan Korea Selatan , yang merupakan bagian dari OECD .

Rusia menyumbang lebih dari 70 persen dari CIS , dan Brasil 56 persen dari Amerika Latin .

Afrika Selatan , Mesir , dan Nigeria mencapai sekitar setengah dari perekonomian Afrika .

References :

International Comparision Program (ICP) Result – World Bank. 2014. Page 79 – 84.  http://siteresources.worldbank.org/ICPINT/Resources/270056-1183395201801/Summary-of-Results-and-Findings-of-the-2011-International-Comparison-Program.pdf

 

Satu pemikiran pada “Inilah negara-negara peringkat ekonomi besar tahun 2014 ! (1)

  1. Ping balik: Inikah tanda keruntuhan Eropa paska keluarnya Inggris Raya? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s