Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (2)

DRONESaat menyaksikan video 50 Years DARPA, Bridging the GAP powered by Ideas, hanya ada satu kata untuk merepresentasikannya. Luar biasa. Banyak hal-hal di dunia ini yang telah dirintis oleh DARPA, sudah menjadi teknologi atau peralatan yang digunakan secara luas bagi manusia. Beberapa penemuan, yang tadinya digunakan oleh Militer, sekarang menjadi bagian alat bantu untuk manusia. Seperti halnya GPS, teknologi mesin pencari lokasi atau alamat dengan menggunakan bantuan satelit GPS.

Jika kita pernah menonton film STEALTH atau pesawat tempur generasi 5 seperti F-117, F-22 Raptor, F-35 maka itu adalah teknologi yang telah dikembangkan dari tahun 1970 oleh DARPA. China baru bisa mulai tahun 2010 an. Satu-satunya yang bisa mengikuti hanya Rusia, itu pun juga baru tahun 2000 an, melalui Jet Sukhoi PAKFA.

Apa saja yang dikembangkan dan didanai oleh DARPA baru-baru ini. Berikut adalah yang bisa penulis kutip.

  • Underwater Drone, sebuah kapal selam tanpa awak .
  • In-audible Military Vehicle. Kendaraan militer tanpa suara sama sekali.
  • ATLAS Robot, robot yang memiliki kemampuan layaknya manusia, dengan peralatan dan senjata tempur, mirip di film Terminator.
  • Realtime Translation Engine. Software penerjemah Realtime. Saat kita bicara, maka software tersebut langsung bisa menerjemahkan hampir tanpa lag.
  • Brain-Reading Technology. Alat antar muka yang bisa menghubungkan perintah otak ke dalam mesin, termasuk membaca apa yang dipikirkan oleh otak.

Nah..jika dibandingkan dengan negara kita, rasanya teknologi yang dikembangkan Indonesia tertinggal bukan 5-10 tahun, tapi 30 – 40 tahun yang lalu. Jauh sekali.

Sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya, memang DARPA memiliki prosedur, sistem maupun perilaku organisasi yang sangat efektif dan efisien, sehingga bisa merintis teknologi masa depan. Inilah karakter dan perilaku DARPA:

  1. Jaringan Tim kuat : DARPA menciptakan dan memelihara tim besar peneliti dari berbagai disiplin ilmu yang berkolaborasi dan berbagi dalam kemajuan tim ‘
  2. Menjamin kontinuitas dan perubahan : staf teknis DARPA disewa atau ditugaskan selama empat sampai enam tahun . Semua staf kunci yaitu Kantor Direksi dan Manajer Program diputar untuk memastikan pemikiran segar dan perspektif baru secara konstan.
  3. Tugas berbasis proyek diorganisir dengan model tantangan : DARPA mengatur bagian penting dari portofolio tantangan teknologi yang spesifik . Ini membantu meramalkan kemampuan berbasis inovasi dan kemudian bekerja kembali ke terobosan mendasar yang diperlukan untuk membuatnya menjadi nyata. Meskipun masing-masing proyek biasanya berlangsung tiga sampai lima tahun , tantangan teknologi utama dapat diatasi selama periode waktu yang lebih lama , memastikan investasi pada serangkaian langkah-langkah yang fokus dan menjaga tim bersama untuk kerjasama berkelanjutan .
  4. Personil pendukung outsourcing : DARPA secara ekstensif memanfaatkan teknisi , kontraktor , dan jasa administrasi dari lembaga Departemen Pertahanan lain dan cabang militer . Ini memberikan DARPA fleksibilitas tinggi untuk masuk  dan keluar dari suatu daerah tanpa beban mempertahankan staf.
  5. Manajer program yang luar biasa : Manajer program DARPA terbaik selalu  fanatik dalam mengejar tujuan mereka . Tugas Direktur yang paling penting adalah untuk merekrut dan mempekerjakan orang-orang yang sangat kreatif dengan ide-ide besar , dan memberdayakan mereka .
  6. Menerima kegagalan : DARPA mengejar peluang terobosan dan sangat toleran terhadap kegagalan teknis jika kesuksesan yang dihasilkan cukup besar .
  7. Orientasi terobosan revolusioner melalui pendekatan terhubung : Sejarah DARPA tidak berfokus pada inovasi bertahap tapi radical innovation . Ini menekankan investasi berisiko tinggi , bergerak dari  teknologi fundamental dasar menuju pembuatan prototype , dan kemudian berpindah tangan untuk pengembangan sistem produksi bagi sektor militer atau sektor komersial .
  8. Campuran para Kolaborator yang terkoneksi : DARPA biasanya membangun tim yang kuat dan jaringan kolaborator , membawa berbagai keahlian teknis dan disiplin aplikatif , serta melibatkan peneliti universitas dan perusahaan teknologi yang sering kali bukan merupakan kontraktor pertahanan signifikan atau konsultan terkenal di industri.

(bersambung)

References :

Statement Dr. Tony Tether, Director of Defense Advanced Research project Agency, to Sub Committee on Terrorism, Unconventional Threat and Capabilities. House Armed Serviced Committee. United States House of Representative. 13 March 2008, page 2-3.

2 pemikiran pada “Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (2)

  1. Ping balik: Ketika banyak ‘bullshit’ di dalam organisasi | ilmu SDM

  2. Ping balik: Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (3) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s