Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (1)

darpaTiada hari tanpa internet. Konektifitas hidup sekarang, hampir selalu terhubung dengan internet. Sudah menjadi suatu kebutuhan yang rasanya saat ini tidak terbayangkan bagi generasi sekarang jika hidup tanpa internet. Internet biasa diakses dengan komputer. Alat bantu komputer paling popular adalah Mouse, yang memudahkan melakukan click dan drag suatu obyek di layar. Adanya GPS (Global Positioning System) sekarang juga sangat memudahkan dalam mencari alamat maupun membantu perjalanan .

Tiga hal diatas sepertinya berbeda, tetapi sebenarnya saling terhubung.

Apa benang merah antara internet, mouse dan GPS?.

Ketiganya ditemukan dan dirintis dari satu lembaga yaitu DARPA (Defense Advanced Research Project Agency), dahulu masih bernama ARPA (Advanced Research Project Agency). Lembaga dibawah pengawasan Departemen Pertahanan Amerika ini memang banyak menghasilkan penemuan, teknologi, inovasi yang banyak merubah kehidupan dan cara berinteraksi masyarakat dunia sekarang. Padahal cikal bakal internet, berasal dari ARPA Net sejak tahun 70 an, termasuk GPS dan Mouse. Ketiga nya meledak pemanfaatannya di tahun 90 dan masih terus bertumbuh secara eksponensial .

Sejak didirikan sejak tahun 1958, ada karakteristik kunci DARPA yang bisa direplikasikan ke organisasi, seperti dituturkan oleh mantan Direktur DARPA , Dr. Tony Thether ketika memberi pernyataan di depan Kongres Amerika, United States House of Representatives tanggal 13 Maret 2008. Karakter tersebut, menurut Dr. Thether adalah faktor kunci kesuksesan DARPA dalam memberikan inovasi, teknologi serta penemuan untuk pemanfaatan dalam dunia militer pertahanan Amerika atau lainnya.

Apa saja karakter kuncinya? berikut adalah ciri dan karakter DARPA :

  1. Kecil dan Fleksibel. DARPA hanya mempekerjakan sekitar 240 orang, dengan 140 orang merupakan Highly Expert Technical Professional. DARPA menggambarkan mereka sebagai “ 100 orang Jenius yang dihubungkan oleh Agen Perjalanan
  2. Organisasi hampir rata atau flat. DARPA menghindari Hirarki, hanya ada 2 (dua) tingkatan manajemen, agar aliran informasi dan ide lancar serta keputusan mudah diambil. Berapa tingkatan organisasi yang anda miliki?
  3. Otonomi dan Kebebasan dari birokrasi. Inilah hebatnya DARPA. Mereka diberikan kewenangan langsung untuk merekrut talenta berbakat, tanpa melalui proses standar seleksi pegawai sipil biasa.
  4. Eclectic, dengan kinerja staff teknis kelas dunia. DARPA sangat aktif mencari bakat dan ide dari industri, universitas, laboratorium pemerintah maupun individu, mencampurkan berbagai disiplin ilmu dengan kekuatan teoritikal maupun eksperimental. DARPA tidak satupun mengoperasikan  Lab, mayoritas dari penelitian itu disponsori DARPA di lab industri atau universitas sendiri. Sangat sedikit penelitian DARPA dilakukan di lab pemerintah.

(bersambung)

References :

Statement Dr. Tony Tether, Director of Defense Advanced Research project Agency, to Sub Committee on Terrorism, Unconventional Threat and Capabilities. House Armed Serviced Committee. United States House of Representative. 13 March 2008, page 2-3.

8 pemikiran pada “Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (1)

  1. Ping balik: Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (2) | ilmu SDM

  2. Ping balik: Ketika banyak ‘bullshit’ di dalam organisasi | ilmu SDM

  3. Ping balik: Apa program dan proyek paling ‘out of the box’ di dunia saat ini? | ilmu SDM

  4. Ping balik: Cara 1 Rekayasa Ulang Proses Bisnis : Eliminasi Birokrasi | ilmu SDM

  5. Ping balik: Future of Work : Inilah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan ! | ilmu SDM

  6. Ping balik: Mengenal DARPA, The Most Ambitious and Advanced Agency in Technology in the world (3) | ilmu SDM

  7. Ping balik: Ketika ide tulisan menjadi kenyataan… | ilmu SDM

  8. Ping balik: Siapa kontraktor/industri pertahanan terbesar di dunia tahun 2016? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s