Ada pada level berapa Solusi Inovatif disain produk/jasa organisasi?

EngineerDi tulisan sebelumnya, mengenai penemuan inovasi ternyata memiliki sistematika atau semacam ‘algoritma’ sendiri, telah memberikan pemahaman bahwa ada alur sistematis untuk menghasilkan disain produk atau jasa baru. Pada kondisi tertentu, produk atau jasa yang dihasilkan, akan melalui berbagai tahapan sehingga bisa diperoleh produk atau jasa yang mampu mengatasi masalah, atau tekanan/hambatan.

Namun apakah produk atau jasa dihasilkan tersebut sudah memenuhi kebutuhan atau ada pada level apa produk inovatif tersebut berada? Disini, sebagai penemu TRIZ,  George Altshuller menyebutkan ada 5 level kondisi disain inovatif, sebagai solusi untuk mengatasi problem yang terjadi. Dasarnya penentuan level berdasarkan kompleksitas inovasi, serta pengaruh pada teknologi, ilmu maupun metode saat ini.

Apa saja level tersebut, berikut ulasannya :

Level 1. Adalah solusi yang menghasilkan disain produk atau jasa konvensional,  berasal dari metode proses atau model yang sudah dikenal luas dalam bidang teknologi saat ini. Ini biasanya mencakup 32% dari seluruh disain/produk baru.

Level 2. Merupakan solusi korektif minor, dibuat untuk kondisi sistem saat ini melalui metode yang dikenal baik dengan mengorbankan beberapa kompromi pada masalah yang ditemui. Ini adalah yang terbesar, sekitar 45% produk/jasa inovatif berasal dari sini.

Level 3. Sudah lebih tinggi, disini terjadi perubahan dan perbaikan fundamental  terhadap sisitem atau produk yang ada melalui metode yang dikenal diluar industri. Perkiraan hanya 18% dari produk inovatif.

Level 4. Pada tingkat ini, solusi inovatif berdasarkan aplikasi sebuah prinsip ilmiah baru untuk mengeliminasi kompromi kinerja dasar. Jenis penemuan ini, akan menyebabkan pergeseran paradigma pada sektor teknologi dimana produk/jasa tersebut berada. Hanya 4% disain produk dari ini.

Level 5.Merupakan tingkat inovasi solusi tertinggi, menjadi perintis penemuan berdasarkan pada ilmu dan teknologi diluar pengetahuan/teknologi yang dikenal . Pada tahap ini, solusi inventif berdasarkan metode ilmiah yang benar-benar baru, dan mendobrak prinsip-prinsip dasar teknologi yang dikenal. Pada tingkat ini, hanya ada 1% produk dari sekian produk /jasa inovasi baru.

Tidak banyak perusahaan yang bisa memberikan solusi inventif pada level  5. Namun,  perusahaan dengan tingkat IRD ( Innovation, Research & Design) nya  tinggi bisa menghasilkan produk di level ini. NASA (National Aeronautic and Space Administration) dan DARPA (Defence Advanced Research Project Agency) serta perusahaan seperti GE dan Samsung adalah sedikit dari organisasi di dunia dengan solusi produk pada level 5. Di Indonesia, peringkat level  5 sepertinya cocok dinobatkan pada Batan Teknologi,  sebagai satunya-satunya produsen di dunia , yang bisa menghasilkan produk radioisotop melalui pengayaan uranium  tingkat rendah berlandaskan formula “YK”.

3 pemikiran pada “Ada pada level berapa Solusi Inovatif disain produk/jasa organisasi?

  1. Ping balik: Training Quality Indonesia-Konsultan ISO 9001-Konsultan Advance quality-Pelatihan Mutu | Kami lembaga Training Quality dan Konsultasi ISO untuk implementasi sertifikasi mutu dan kualitas produk maupun jasa

  2. Ping balik: Ada pada level berapa Solusi Inovatif disain produk/jasa organisasi? : Konsultan ISO Surabaya-Proxsis-Quality-OHSAS-Food-Safety

  3. Ping balik: Tesla kini menjual atap rumah panel surya? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s