Tanda-tanda anda siap menjadi boss sendiri

career fearlessJenuh sebagai karyawan, siap menjadi boss sendiri? Ini 7 tandanya. Steve Tobak, seorang konsultan IT pada perusahaan lembah silikon di California, dan mantan eksekutif pada perusahaan industri berbasis teknologi ,memberikan tanda-tanda atau karakter bahwa anda sudah siap menjadi boss atau pemilik suatu usaha.

Karakter inilah yang membedakan kesiapan seseorang, entah itu anda masih sebagai karyawan atau bisa juga masih berprofesi sebagai guru, dosen dan lainnya. Menurut Tobak, kesuksesan sebagai wirausaha atau pemimpin bisnis sendiri, karena awalnya mereka sudah membangun pondasi yang solid sejak menjadi karyawan.

Apa saja tanda-tanda kesiapan tersebut? Inilah 7 tanda versi Tobak, sebagai karakter anda siap menjadi boss sendiri, meskipun saat ini masih sebagai karyawan :

  1. Anda mengelola sendiri tanggungjawab, bukan mementingkan pencitraan personal. Meskipun, citra personal adalah urusan besar pada saat ini, namun menurut Tobak bukanlah hal terpenting. Jika anda sukses terhadap apa yang menjadi tanggungjawab, maka citra personal akan muncul dengan sendiri. Serupa dengan bisnis. Bisnis bukanlah tentang anda, tapi lebih ke arah pencapaian anda. Selanjutnya, citra anda akan terbentuk alami.
  2. Anda mengatakan kebenaran, meskipun berat. Ini adalah karakter karena anda peduli terhadap perusahaan dan bisnisnya. Anda tidak khawatir terhadap konsekuensi yang terjadi. Berlawanan dengan keyakinan umum, seorang eksekutif bertalenta atau pemimpin hebat sangat mengetahui hal ini. Mereka lebih percaya pada kebenaran daripada karyawan ‘yes-man’.  Pengalaman Tobak, dia selalu menghargai orang yang mengatakan sesuai pikiran mereka.
  3. Anda selalu mencari cara untuk memenuhi komitmen anda dan agar pekerjaan terselesaikan. Jika Anda termotivasi untuk memindahkan gunung sekedar memenuhi tujuan organisasi  dan didorong untuk melakukan apa pun untuk memuaskan pelanggan , maka Anda pasti akan menjadi pemenang dalam dunia bisnis.
  4. Anda tidak interview kesempatan kerja secara baik. Hampir setengah artikel bisnis berbicara mengenai interview kerja. Memang, jika tidak lulus interview, anda tidak akan memperoleh pekerjaan. Tapi fokus anda hanya pada kinerja pekerjaan. Saat menjadi eksekutif, Tobak selalu mencari karyawan cerdas, dan bermotivasi tinggi untuk menuntaskan pekerjaan. Tidak perlu banyak pertanyaan ajaib dalam interview saat memilih karyawan. Interview bukanlah ilmu roket sains.
  5. Anda mencari prestasi, bukan kekuasaan/jabatan atau wewenang. Anda tidak ingin hal-hal diberikan kepada anda, entah itu uang, pangkat, jabatan atau wewenang. Tapi tantangan maupun kesempatan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan keberhasilan bisnis yang utama. Inilah bekal menjadi wirausaha besar.
  6. Anda bertanya “seberapa tinggi?” Itulah jawaban yang diberikan, ketika ada pertanyaan “ Jika dia menyuruh  anda untuk melompat”.  Tobak menyebut ini sebagai karakter atau sikap melayani pelanggan, istilah kerennya “Kepemimpinan Melayani” atau Servant Leadership. Pebisnis hebat, tidak meminta orang apa yang bisa dikerjakan untuk anda, tapi justru bertanya apa yang bisa saya lakukan untuk mereka.
  7. Anda tidak pernah merengek atau meminta-minta. Entah berupa jabatan, insentif atau hal lain. Kebanyakan orang berpikir bahwa perusahaan harus ada untuk melayani kebutuhan mereka . Ini tentu bukan hal seharusnya . Perusahaan hebat berasal dari manajer  bagus yang selama puluhan mengetahui bagaimana cara untuk melibatkan, memberdayakan , memberi tantangan , dan memotivasi karyawan tanpa perlu merengek-rengek atau meminta-minta.

Menurut Steve Tobak, sebelum anda menjalankan bisnis sendiri selagi masih di posisi karyawan, jadilah karyawan yang hebat dulu di tempat kerja anda. Kelihatannya berbeda dengan pandangan umum masyarakat, namun inilah jalan terbaik jika anda siap menjadi boss sendiri.

Itulah sekelumit kesiapan karakter versi Steve Tobak. Apa yang disampaikan, merupakan urutan tuntutan logis dan kebutuhan dari bisnis, dimana hanya karyawan hebat memiliki karakter itu. Nah, sudahkah anda memiliki karakter tersebut, jika mau berpindah dari kejenuhan sebagai karyawan?.Jika sudah punya, maka jalan terbentang luas. Jika belum, gunung kegagalan sepertinya akan menghadang anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s