Tahap 2 : Implementasi Business Improvement bagi UKM

business-process-improvementSetelah tahap 1, yaitu business review sudah dijalankan dengan melakukan analisis, observasi maupun interview terhadap manajemen di UKM, maka selanjutnya pembenahan bisnis pada UKM memasuki tahap 2 yaitu tahap implementasi.

Pada tahap 1, observasi dilakukan dengan melihat kondisi riil dilapangan, serta interview terhadap manajemen UKM, baik terhadap pemilik maupun bagian pemasaran. Di tahap 2, berdasarkan hasil interview, analisis yang dilakukan dengan menggunakan berbagai tools strategic, quality, productivity, marketing mix selanjutnya disusun langkah ‘to be’ sebagai visi atau tujuan dari UKM.

Apa saja visi ke depan dari UKM yang bergerak di bidang maintenance dan service bagi notebook ini ? beberapa visinya akan disharing disini yaitu :

  1. Meningkatkan revenue menjadi 2 kali lipat dari sebelumnya
  2. Meningkatkan kapasitas perbaikan/service menjadi 2-3 kali lipat, serta beberapa target lainnya.

Pada tahap implementasi merupakan tahap terpenting, karena disini dilakukan berbagai hal yaitu :

  1. Membangun komitmen dari pemilik UKM serta pihak terkait. Disini terlihat bahwa komitmen dari pemilik UKM sangat kuat untuk melakukan perubahan.
  2. Memobilisasi perubahan bagi organisasi, baik bersifat aspek budaya maupun aspek teknis manajemen.
  3. Melakukan implementasi model baru, tanpa penambahan biaya sama sekali terkait dengan proses, struktur, sistem maupun perilaku.
  4. Melakukan intervensi dengan berbagai program aktifitas, termasuk rencana kerja, penanggungjawab program dan evaluasi monitoring pelaksanaannya.

Program dan rencana kerja telah disusun, sebagai pedoman pelaksanaan dan tolak ukur untuk perubahan bagi peningkatan bisnis UKM ini. Yang penting pada tahap ini adalah program maupun rencana kerja adalah disetujui pelaksanaannya oleh pelaku bisnis UKM, sehingga tidak ada hambatan eksekusi di lapangan.

Tahap implementasi merupakan tahap terlama dan terpenting pada proses perbaikan bisnis ini. Waktu yang dibutuhkan, sekitar 3-4 bulan dimana progressnya akan dimonitor dari waktu ke waktu. Tentunya, bisa ada perubahan bila terjadi penyesuaian dikaitkan dengan kondisi riil di lapangan.

2 pemikiran pada “Tahap 2 : Implementasi Business Improvement bagi UKM

  1. Ping balik: Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (1) | ilmu SDM

  2. Ping balik: Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (3) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s