Convergence, ketika berbagai fungsi menyatu..

Tricorder-Mockup-1Ketika bermaksud membeli perangkat /device untuk pemeriksa alat test darah, glucose dan uric acid sebagai asset untuk Mushalla, ternyata sudah banyak dijual alat perangkat portable device, dengan kemampuan menguji 3 bahkan 4 jenis tes tersebut. Cukup kaget juga karena perangkat yang dibeli sangat mungil, hanya separuh ukuran HP, tapi memiliki kemampuan yang mumpuni.

Melihat bentuk yang mungil tersebut, rasanya produk ini belum muncul 5 atau 10 tahun yang lalu. Harganya juga cukup terjangkau, karena langsung membeli dari pusat penjualan alat-alat kesehatan, sekitar tiga ratus ribu rupiah (28 USD). Karena mushalla kantor berencana mengadakan praktik bekam bagi jemaah secara gratis, dan tentunya memerlukan pengecekan / tes darah sebelum pelayanan tersebut, maka bentuk device yang mungil dan portable sangat membantu proses tersebut.

tricorderDari pembelian perangkat device tersebut, membuat teringat pada  kisah futuristik pada film StarTrek. Jika diperhatikan, teknologi yang ditampilkan pada film tersebut, merupakan imajinasi dari pembuat film tentang teknologi perangkat masa depan. Ada adegan peralatan device Tricorder, sering digunakan oleh Dr McCoy, untuk memeriksa pasien dimana dari satu alat tersebut, semua status pasien seperti suhu, tekanan darah, detak jantung, serta kondisi vital lainnya terekam dengan baik. Ingat, hanya satu alat saja.

Lantas adakah ini di dunia nyata? ternyata sebuah perusahaan di Silicon Valley, yang awalnya dari Belgia telah berkecimpung untuk membuat portable device monitoring tersebut. Adalah Scanadu (www.scanadu.com), telah meluncurkan SCOUT pada akhir tahun 2012, dan tinggal menunggu persetujuan dari FDA. Diperkirakan awal 2014 akan diluncurkan ke pasar ritel atau rumah tangga dengan harga sekitar USD 150. Perusahaan ini bahkan telah menerima dana 10.5 juta USD dari Qualcomm x-prize, untuk pengembangan produknya.

scanadu scoutProyek lain juga dikerjakan oleh Dr. Peter Jansen, seperti dimuat pada situsnya http://www.tricorderproject.org. Peralatan yang dibuat sangat mirip dengan tricorder seperti dalam film Startrek, dengan graphic display yang bisa menampilkan data-data vital kesehatan pasien. Sebenarnya apa yang dilakukan oleh Scanadu, dengan hanya menampilkan peralatan berupa miniaturisasi multi-sensor terintegrasi , tinggal dikoneksikan dengan smartphone jauh lebih baik daripada apa yang dikembangkan oleh Dr. Peter Jansen, yang mencoba membuat utuh tricorder, dilengkapi  multi sensoric  device, Grafis LED, processor maupun memory card.

Melihat perkembangan yang ada, sepertinya kita tinggal menunggu masa dimana peralatan semakin terintegrasi atau bisa disebut sebagai convergence. Jika selama ini Smartphone sudah bisa menggantikan fungsi kamera saku, fungsi video recorder,  jam, agenda dan fungsi komputasi sederhana maka tinggal peralatan sensor kesehatan dibenamkan pada smartphone. Sehingga jadilah Portable Multi-Function Smartphone, dengan kemampuan Camera/Video Recorder, Tricorder, dan juga Mobile Computing . Jika sudah terwujud,  bersiaplah para produsen alat kesehatan.  Artinya lonceng kematian bagi produsen alat-alat test konvensional seperti sphygmamometer, stethoscope, spectrophotometer, x-ray diagnostic dan lainnya sudah dekat. Ini juga berarti ancaman bagi penyedia jasa lab kesehatan atau Medical Lab Testing Provider.

Satu pemikiran pada “Convergence, ketika berbagai fungsi menyatu..

  1. Ping balik: Future of Work : Inilah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan ! | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s