Studi kasus : Meningkatkan produktifitas pada Health Assessment

health-medical-body-check-up-test-pictogram-25897766Apakah suatu proses selalu bisa ditingkatkan kinerja atau perbaikan prosesnya. Tentu saja bisa, karena pada dasarnya tidak ada proses yang sempurna, selama itu adalah buatan manusia. Setiap proses yang dibuat, baik berupa prosedur, program atau aktifitas selalu dapat ditingkatkan produktifitasnya, baik itu berupa satuan waktu yang dihasilkan, jumlah volume produksi/satuan waktu atau indikator lainnya.

Sebagai contoh, sebuah proses pemeriksaan kesehatan atau Health Assessment. Biasa disebut sebagai proses Medical Check-Up atau MCU, jika melibatkan ratusan atau ribuan partisipan akan memerlukan waktu lama. Namun dengan analisis secara sistematis, proses tersebut bisa ditingkatkan kualitasnya.

Ambillah prosedur standar dari proses MCU yang biasa dilakukan oleh RS/ Klinik atau Medical Service Provider. Proses awal adalah sebagai berikut, dan dianalisis dengan metode / tools dari Visual Stream Mapping.

Proses sudah disederhanakan, dengan flowchart agar mudah dimengerti

Proses Awal (sebelum improvement)

Test MCU pertama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari proses diatas, yang merupakan proses as is selanjutnya dilakukan simulasi dan curah ide bersama tim baik itu terdiri dari dokter, perawat/nurse maupun staff. Ternyata banyak ide-ide brilyan dan layak diimplementasikan apa saja ide tersebut?. Antara lain :

  1. Pengisian file data oleh pasien, sebaiknya sudah dilakukan sendiri oleh pasien. Bisa didownload atau diberikan oleh staff SDM perusahaan yang bekerja sama dengan pihak pelaksana MCU.
  2. Pemeriksaan urin, bisa dilangsungkan tidak bersamaan tes darah. Pasien bisa langsung ambil botol tes.

Dan masih ada contoh2 lainnya, dalam sesi simulasi. Akhirnya, berikut adalah draft proses baru sebagai perbaikan proses yang ada.

Test MCU kedua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ternyata ada pengurangan waktu sekitar 16 menit pada proses baru, dari total waktu sebelumnya 1 jam 22 menit (waktu makan tidak dihitung), sehingga total waktu sekitar 1 jam 6 menit. Pengurangan berasal dari eliminasi proses pengisian data oleh pasien, dan test urin. Meskipun terkesan tidak besar, tapi jika MCU dilaksanakan untuk ratusan atau ribuan orang, maka penghematan luar biasa bagi pelaku bisnis MCU.

Apakah proses diatas masih bisa ditingkatkan? Tentu saja masih sangat memungkinkan. Tinggal bagaimana kita bisa membuka mata terhadap penggunaan proses, metode, sistem, prosedur, alat atau bahkan teknologi untuk membantu perbaikan proses kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s