Apa saja pemborosan dalam industri jasa kesehatan?

medical toolsDi suatu kesempatan pemberian pelatihan Cost Reduction and Productivity Improvement pada salah satu jasa kesehatan, penulis mengemukakan tentang waste , pemborosan yang umum terjadi pada jasa kesehatan.  Acap kali terjadi, kita melihat antrian apotik atau pasien menunggu, sayangnya ini sering dianggap lumrah. Namun, bagi kacamata manajemen itu adalah sesuatu pemborosan tidak perlu, seperti antrian yang terjadi di  industri manufaktur.

Ada sebuah anekdot mengenai gambaran layanan jasa kesehatan. Ketika seorang ahli lean process dari suatu perusahaan otomotif jepang diundang untuk hadir pada sebuah klinik kesehatan, beliau melihat begitu banyak kursi berada di ruang poliklinik, ditanyakan kursi ini untuk apa. Oleh dokter RS, disebutkan bahwa kursi tersebut diperuntukkan bagi pasien yang menunggu panggilan perawatan. Agar tidak lelah berdiri maka dibuatlah banyak kursi. Sang ahli menggeleng-geleng kepala  sambil berkata ke dokter RS “ Ada ratusan kursi disini, dan pasien disuruh menunggu untuk dilayani. Apa anda tidak malu?? pasien adalah pelanggan anda..!!!

Apa saja pemborosan dalam jasa kesehatan, mari simak satu persatu hasil analisisnya.

Waste in Health CareTernyata cukup banyak ‘pemborosan’ terjadi di jasa kesehatan.  Jika anda pernah ke RS atau klinik, kejadian di atas umum dan ‘lumrah’ terjadi. Namun dampak terbesar yang sulit diterima pasien adalah cacat atau defect dalam pelayanan jasa kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s