Home Improvement : Meningkatkan produktifitas dan efisiensi rumah

Green Home imagesSudah lama sekali bermaksud memperbaiki efisiensi, biaya maupun produktifitas rumah. Tentunya ini terkait dengan rencana meningkatkan produktifitas rumah tanpa mengurangi output atau hasil yang ada. Dengan kapasitas atau budget yang tersedia, rencana home improvement ini tidaklah bisa dibuat secara seketika, namun bertahap agar dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi maupun kapasitas yang ada.

Rencana ini dibagi dalam 5 tahap yaitu :

  • Tahap 1 : Cost Efficiency Home Program
  • Tahap 2 : Energy Conserving Program
  • Tahap 3 : Hybrid Powered Home
  • Tahap 4 : Bio Mimetic Home
  • Tahap 5 : Smart Eco Green Home

Untuk masing-masing tahap program ini bersifat jangka panjang, bisa berlangsung dalam waktu 1-2 tahun, tentunya juga disesuaikan dengan kemampuan dan teknologi yang diserap. Diharapkan dalam kurun waktu 5-6 tahun dari sekarang (2013), maka tercapai tujuan  yaitu Smart Eco Green Home, suatu rumah yang memiliki fasilitas seperti Smart Building, dengan energi hijau tidak tergantung PLN, ramah lingkungan, memiliki efisiensi tinggi dalam konsumsi listrik.

Dalam meningkatkan produktifitas, tentunya digunakan analisis dan cara seperti halnya model peningkataan produktifitas. Pertama menganalisis kondisi yang ada, kemudian model atau kondisi apa yang diinginkan serta proses atau aktifitas apa yang perlu didefinisikan, dicatat, diukur, atau dianalisis agar memberikan kondisi / model seperti yang diharapkan.

Sebagai contoh, di tahap 1 adalah Cost Efficiency Program, dimana diharapkan terjadi pengurangan biaya pemakaian listrik (KwH) sebesar 40% dari sebelumnya dengan output yang sama/setara. Apa saja yang perlu diganti, diubah atau diperbaiki tentunya menjadi bagian dari proses analisis tersebut.

Tentunya, yang dilakukan ini ada batasan dimana hanya terkait dengan fasilitas fisik infrastruktur atau tangible asset. Rumah yang baik, tentunya tidak hanya layak secara aspek/dimensi fisik semata tetapi juga memiliki kelayakan pada dimensi emosional/sosial dan juga spiritual bagi penghuninya. Untuk aspek emosional/spiritual akan dibahas pada bagian lain.:-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s