VRIO Analysis, perangkat ampuh untuk menguji kondisi internal perusahaan

Analytical-thinkingKondisi Internal perusahaan, seringkali dijadikan sebagai dasar pembentukan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Analisis lebih jauh terhadap kondisi ini akan memberikan seberapa besar sumber daya yang dimiliki perusahaan, yang bisa memberikan keunggulan lestari (sustained advantage), mana yang bersifat sementara (temporary advantage) dan mana yang justru menjadi kerugian (disadvantage)

Alat analisis untuk mengetahui kondisi tersebut adalah VRIO (Valuable, Rare, Imitate to Cost dan Organized). Barney (2012) menyebutkan bahwa VRIO dapat digunakan untuk melihat perbandingan komparatif mengenai kekuatan dan kelemahan kondisi internal perusahaan.

Bila dipergunakan secara benar, maka peta kondisi internal perusahaan akan terlihat jelas.  Ketika penulis yang menggunakan VRIO ini dalam penulisan tesis, hasilnya cukup mengejutkan dimana perusahaan yang diteliti hanya memiliki 4 % kondisi yang Sustained Advantage, dan 17% yang Temporary Advantage. Sisanya adalah Disadvantage. Kondisi ini artinya, perusahaan secara internal memiliki kelemahan dasar dan akan mengalami masa-masa sulit di kemudian hari, karena masih banyaknya kelemahan dan kekurangan dibandingkan keunggulan yang ada.

VRIO framework analisis mengevaluasi segi : Valuable, Rare, Imitate Costing & Organizing exploit resources. Pengujian dan evaluasi VRIO berdasarkan pertanyaan untuk setiap kondisi yaitu :

  1. Pertanyaan untuk Valuable. Apakah kondisi tersebut mendorong perusahaan untuk mengeksploitasi kesempatan eksternal  dan/atau menetralisasi ancaman eksternal?
  2. Pertanyaan untuk Rare. Apakah kondisi tersebut hanya dikendalikan sejumlah kecil perusahaan atau jarang dimiliki perusahaan lain?
  3. Pertanyaan untuk Imitate to Cost. Apakah kondisi tersebut sulit untuk ditiru atau direplikasi perusahaan lain?
  4. Pertanyaan untuk Organized. Apakah kondisi tersebut didukung dan dikelola perusahaan secara pantas?

Di tulisan berikutnya, akan diberikan contoh perusahaan yang dianalisis dengan VRIO dan prediksi pertumbuhan perusahaan ke depan berdasarkan analisis.

Referensi :

Barney, Jay B. & Herterly, W.( 2012). Strategic Management & Competitive Advantage. Pearson Education, Prentice Hall Publishing.

Satu pemikiran pada “VRIO Analysis, perangkat ampuh untuk menguji kondisi internal perusahaan

  1. Ping balik: Ketika ide tulisan menjadi kenyataan… | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s