Disiplin Eksekusi, bagian terpenting dalam strategi manajemen

disciplineDari sekian perencanaan, strategi maupun formulasi strategi yang telah dibuat, maka bagian yang terpenting adalah implementasi atau eksekusi dari perencanaan strategi yang dibuat. Hal ini bisa dilihat, mengapa banyak Inisiatif Perusahaan atau Organisasi gagal ataupun melenceng dari harapan mereka atau tujuan dari strategi yang dibuat? Jika dapat dikatakan, bukan karena perusahaan ataupun organisasi tersebut tidak memikirkan inisiatif ataupun keputusan yang mereka ambil. seringkali, ini disebabkan karena kegagalan dalam implementasi atau eksekusi strategi.

Implementasi dan eksekusi tujuan strategis adalah tantangan terbesar dalam bisnis saat ini. Menyelaraskan tim kerja organisasi dengan tujuan setiap anggota tim organisasi adalah suatu usaha terus menerus yang sebenarnya tidak pernah berakhir.

Stephen Covey menjelaskan agar terjadi eksekusi strategi atau disiplin eksekusi strategi, perlu ada 4 hal yang diperhatikan yaitu :

Disiplin 1 – Fokus Sasaran Utama (tujuan) – Organisasi harus memiliki satu tujuan (yang masuk akal) dan harus dapat diukur (hasil dan biaya yang dikeluarkan) dan mempunyai batasan waktu (time). Pada tahapan yang lebih tinggi lagi, tujuan yang ditetapkan harus sejalan dengan strategi organisasi perusahaan. .

Disiplin 2 – Membuat Papan Kontrol yang Menarik dan Menyenangkan – Papan kontrol/Evaluasi pelaksanaan harus mencerminkan 3 (tiga hal) – Di mana organisasi sekarang, Di mana organisasi ingin berada (sasaran), Dan kapan kita harus ada di tempat yang kita ingin berada. Tiga poin ini harus di sampaikan dengan komunikasi visual (sehingga semua pihak yang terlibat dengan mudah memahaminya) . Hal ini memungkinkan untuk terus mengikuti perkembangan proses kemajuan dan segera dapat melakukan tindakan perbaikan ( korektif).

Disiplin 3 – Terjemahkan Sasaran/ tujuan dengan rencana tindakan – Breakdown Struktur yaitu memecah bagian terkecil untuk tujuan dan tindakan tertentu, Sasaran dan tujuan serta cara dan bagaimana dalam melaksanakannya harus dibuat dan dapat dipahami oleh seluruh anggota team atau karyawan organisasi. Diperlukan karyawan kreatif dan proses berpikir lebih baik untuk dapat mencapai tujuan melalui tindakan tertentu (daily, weekly dan Monthly).

Disiplin 4 – Saling Melengkapi (Team adalah kekuatan) – Pemimpin unit atau organisasi harus mengetahui dengan baik “keahlian, kemampuan, pengalaman serta pendidikan”, mampu mengorganisasikan dan memberdayakan seluruh kemampuan dari anggota unit/organisasi akan memberikan hasil yang maksimal , kepercayaan yang meningkat dari anggota tim/unit organisasi, komitmen  yang tinggi dari anggota tim organisasi.

Referensi :

Stephen R. Covey.2012. The 4 Disciplines of Execution. The Secret To Getting Things Done, On Time, With Excellence. Franklin Covey Publishing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s