Tempat kerja terbaik tahun 2011, siapa?

Kembali Fortune Magazine, di awal tahun 2011, telah memberikan data 100 perusahaan sebagai tempat kerja terbaik (100 best companies to work for) tahun 2011. Di tahun ini, peringkat pertama ternyata masih ditempati oleh SAS, sedangkan Google Inc, masih mempertahankan diri di posisi ke 4.

Ada beberapa perubahan yang menarik, untuk peringkat tahun 2011 ini, yaitu melompatnya peringkat Boston Consulting Group, dari peringkat 8 tahun lalu ke peringkat 2 di tahun 2011.

Khusus untuk SAS, ketika di survey oleh GPTW (Great Place to work For), karyawan memberikan feedback yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu pimpinan di SAS bahkan mengatakan : “ Karyawan tetap berada di SAS secara umum karena mereka memang bahagia, namun bila digali lebih dalam, saya berani berargumentasi bahwa mereka tidak mau meninggalkan SAS, karena mereka merasa dihargai, diperhatikan, dan dipedulikan. Saya tetap berada disini karena alasan tersebut, dan tetap bekerja karena alasan itu pula

Tentang SAS, mungkin tak perlu dibicarakan lagi disini. Mengenai sebab SAS menjadi perusahaan terbaik dapat dilihat pada artikel disini . Namun ada baiknya melihat apa yang sudah dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG), yang mampu melompat dari peringkat 8 ke peringkat 2 di tahun 2011

Komitmen Sosial

Jika perusahaan lain mungkin menganggap pekerjaan sosial sebagai biaya, namun di BCG bahkan dijadikan komitmen perusahaan. Hal ini sangat dihargai oleh karyawan BCG. Mereka menghargai kedermawanan perusahaan dan komitmen sosial yang diterapkan. BCG memiliki program SIPN (Social Impact Practice Network), yang menawarkan konsultannya untuk bekerja di World Food Program – United Nation (PBB), dan Save the Children. BCG juga melibatkan konsultan untuk sementara keluar dari proyek klien, untuk memberikan dukungan lapangan kepada Haiti, setelah dilanda gempa bumi.

Karyawan adalah aset

BCG menghindari kebijakan layoffs, ketika ekonomi melemah di tahun 2009. Namun ditahun berikutnya justru merekrut karyawan lebih banyak pada tahun 2010. Penekanan pada pengembangan karyawan, budaya kolaboratif, pelatihan yang ekstensif, pekerjaan yang berdampak tinggi terhadap klien, manfaat progresif, dan komitmen untuk inisiatif secara sosial serta bertanggung jawab memberikan kontribusi terhadap kinerja BCG -yang terbaik di antara perusahaan konsultan lain – selama enam tahun. Dan sejak tahun 2006, memang BCG selalu masuk ke dalam 12 besar perusahaan sebagai tempat kerja terbaik.

Kebijakan Non Diskriminasi

Di BCG, hampir tidak ada perbedaan diskriminasi, ras maupun terhadap kaum minoritas, sehingga BCG termasuk sebagai salah satu yang paling beragam secara keseluruhan, dengan hampir separuh (45 % ) dari total karyawannya  adalah perempuan serta mempekerjakan kaum minoritas sampai 27%.

Pada akhirnya, salah satu pimpinan BCG menyebutkan, bahwa merekrut top talent dan memelihara lingkungan dimana karyawan kami dapat dengan cepat mengembangkan potensi mereka adalah kunci keberhasilan BCG dan juga kemampuan BCG untuk memberikan nilai yang sangat besar kepada klien.

Referensi :

http://www.greatplacetowork.com http://money.cnn.com/magazines/fortune/bestcompanies/2011/ http://www.bcg.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s