Employee survey : Sarana identifikasi, evaluasi dan peningkatan program perusahaan

surveyApakah anda merekomendasikan rekan/teman anda untuk bekerja di sini?”

“Apakah anda bangga bekerja disini?”

Pertanyaan diatas, bukanlah sekedar pertanyaan belaka. Namun lebih dari itu, merupakan pertanyaan yang mengandung unsur sebagai “kebanggaan di tempat kerja”, komitmen dan keinginan kuat untuk tetap berada di perusahaan, dalam arti memiliki keterikatan dengan perusahaan. Pada ranah  yang lebih luas, ini cermin adanya kepuasan karyawan pada tempat dia bekerja, sehingga ingin mengajak orang,kenalan atau temannya untuk bekerja di tempat dia berada.

Jika perusahaan dapat mengetahui, tingkat komitmen, kepuasan dan keterikatan karyawan, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhinya,  sudah tentu memberi manfaat yang besar bagi perusahaan.  Apa saja yang bisa manfaat yang bisa diperoleh? Sangat banyak, dan inilah diantaranya :

  • Mengetahui  dengan jelas pandangan serta level komitmen karyawan terhadap perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengetahui tingkat “acceptance level” jika terjadi perubahan pada struktur, sistem atau reorganisasi.
  • Mengetahui faktor yang menyebabkan karyawan tetap berada dalam perusahaan, baik itu faktor yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik.
  • Mengetahui faktor yang bisa meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan, dimana bisa diperdalam lagi pengaruh-pengaruh atau prioritas faktor yang menjadi hal utama pendorong kinerja dan kepuasan karyawan.
  • Sebagai bahan evaluasi , improvement maupun monitoring program kerja perusahaan.

Selain memberi manfaat bagi perusahaan, juga tentunya memberi manfaat bagi HR antara lain :

  • Dapat dijadikan sebagai tools untuk mendeteksi adanya ketidakpuasan karena lingkungan kerja, hubungan antar karyawan atau dengan atasan.
  • Sebagai landasan, referensi ataupun pijakan yang bersifat proaktif atau antisipasi resiko terjadinya perpindahan karyawan terutama untuk karyawan yang memiliki talenta, kompeten atau potensial.
  • Bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan program HR selanjutnya

Pada perusahaan kecil, untuk menggali tingkat komitmen, keterikatan maupun kepuasan karyawan bisa dilakukan dengan mudah, yakni melalui diskusi langsung, forum karyawan atau dengan pertemuan informal lainnya.  Namun bagaimana dengan perusahaan yang jumlah karyawannya lebih dari 2000 orang?. Hal ini tidak mudah dilakukan melalui metode diatas, sehingga perlu metode lainnya yakni melalui survey karyawan atau employee survey.

Employee Survey yang baik tentunya harus memenuhi kriteria-kriteria keberhasilan. Berikut adalah unsur keberhasilan pelaksanaan employee survey :

  • Survey diadministrasikan dengan sederhana, mudah dan efektif.  Baik itu dengan paper based, online survey atau jika tidak mau report, menggunakan pihak ketiga.
  • Mampu menjangkau lapisan karyawan yang di survey dengan metode yang tepat.
  • Kerahasiaan dapat terjaga.
  • Sosialisasi yang tepat maksud dan tujuan survey, agar diperoleh data dan informasi yang benar
  • Dan yang terpenting adalah : tindak lanjut dari  hasil survey itu sendiri.

Employee Survey yang baik dan tepat  bahkan bisa dilakukan benchmarking, sehingga perusahaan dapat mengetahui level komitmen karyawan, kecenderungannya dengan industry trend, serta dibandingkan dengan perusahaan lain atau kompetitor. Tidak heran, majalah sekaliber Fortune, menerbitkan Perusahaan Terbaik untuk Bekerja (Best Companies to work for) setiap tahun, dan tentu saja gaji hanya merupakan salah satu faktor. Lingkungan kerja, tingkat komitmen,  kepuasan kerja, suasana serta faktor lainnya bisa jadi memberi peran berarti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s