Merekrut talenta ala Google

accent_engatwork-oDalam merekrut karyawan berbakat (talent people), ada baiknya kita melihat bagaimana cara Google merekrut karyawan. Sebagai salah satu perusahaan layanan internet terbesar di dunia, Google mampu merekrut karyawannya dengan cara yang unit dan menarik. Tentunya ini didukung oleh karakter, budaya dan filosofi Google dalam menarik kandidatnya.

Lantas, bagaimana  Google dalam merekrut karyawan terbaik dari berbagai lokasi di dunia di lima benua?. Berikut adalah filosofi dan ‘the way‘ Google dalam merekrut karyawan, yang diambil dari microsite job Google :

  1. Strategi yang sederhana: Hanya merekrut karyawan yang hebat (berbakat) dan mendorong impian karyawan tersebut terealisasi. Disini terlihat bahwa google percaya karyawan yang hebat memiliki impian bagus, dan dengan karakter/budaya google akan mendorong impian karyawan tersebut dapat direalisasikan dalam bentuk inovasi layanan bagi manusia.
  2. CEO Google, Eric Schmidt ketika ditanya mengenai lowongan karyawan di Google, beliau mengatakan bahwa job posting seringkali tidak merefleksikan 100% karyawan yang akan mereka rekrut. Filosofi utama Google adalah merekrut orang atau personal, bukan mengisi jabatan lowong di Google. Dengan prinsip ini, Google meyakini bahwa mereka hanya merekrut orang yang berbakat dan cemerlang, bukan hanya sekedar mengisi jabatan kosong. Sebuah prinsip yang sangat humanis tetapi juga inovatif.
  3. Mempertahankan cita rasa dan karakteristik seperti perusahaan kecil. Dengan budaya seperti ini, hirarki dan birokratis perusahaan besar dapat dieliminir untuk mengakomodir inovasi-inovasi dan impian dari calon karyawan berbakat. Tentunya, kondisi ini sangat menarik bagi karyawan bertalenta yang memiliki impian hebat dan Google dianggap dapat membantu mewujudkan impian hebat tersebut. Tak heran, ribuan posting aplikasi diterima Google tiap bulannya.

Dilihat dari karakteristik dan filosofi perekrutan Google, tampaknya mereka sudah melebihi para agency atau professional hiring recruitment. Tak heran, Google menjadi tempat kerja pilihan terbaik di Amerika.

Satu pemikiran pada “Merekrut talenta ala Google

  1. Ping balik: Cara merekrut talenta untuk Perusahaan Start-Up dan Digital Technology Demonstrator | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s