Cek kesehatan perusahaan anda

check-upSeperti halnya manusia, perusahaan dapat dianalogikan sebagai tubuh manusia atau makhluk hidup. Merupakan sesuatu yang lumrah, jika orang melakukan pengecekan kesehatan (check-up) secara rutin, terutama untuk yang berusia diatas 30 tahun, agar bisa mengetahui kondisi terakhir mengenai kesehatan mereka.

Demikian juga perusahaan. Setelah melewati beberapa tahun, terutama saat menghadapi krisis yang melanda dunia, dapat dipastikan mengalami pengaruh. Mungkin beberapa karyawan dapat merasakan adanya sesuatu yang tidak beres tentang pekerjaan mereka, keputusan manajemen yang diambil dan hal lainnya. Jika indikasi diatas terdeteksi, sudah merupakan pertanda perlu pengecekan. Karyawan perlu proaktif terhadap hal ini karena menyangkut juga kepedulian (care) terhadap perusahaan, dimana langkah-langkah antisipatif bisa dilakukan lebih dini untuk mengurangi dampak yang lebih besar.

Ada kuesioner sederhana yang bisa mengecek kesehatan perusahaan. Yang penting adalah menjawab pertanyaan dibawah ini dengan jujur sehingga bisa diketahui kondisi perusahaan anda :

1. Apakah perusahaan tempat anda bekerja mulai melakukan pengurangan karyawan? (Ya) (Tidak)

2. Apakah perusahaan mulai terlambat membayar gaji pegawai ? (Ya) (Tidak)

3. Apakah perusahaan tidak melakukan kenaikan gaji bagi pegawai, minimal sama dengan inflasi tahunan ? (Ya) (Tidak)

4. Apakah karyawan yang keluar dari perusahaan secara sukarela merupakan karyawan terbaik di perusahaan? (Ya) (Tidak)

5. Apakah perusahaan tempat anda mengalami pengurangan jam kerja? (Ya) (Tidak)

Seandainya ada 1 (satu) saja dari pertanyaan diatas anda menjawab Ya, maka perusahaan anda boleh dikatakan memiliki masalah dengan ‘kesehatan’. Anda perlu menanyakan lebih lanjut kepada atasan langsung mengenai kondisi kesehatan perusahaan secara umum. Manajemen perusahaan yang baik akan melakukan secara terbuka mengenai kondisi perusahaan ,langkah-langkah proaktif dan antisipatif yang telah maupun akan dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan kembali.

Masalah yang sedang dialami perusahaan, sepertinya halnya penyakit pada manusia bisa berlangsung dalam waktu singkat atau panjang. Tentunya dengan mengetahui kondisi tersebut, karyawan juga tak perlu merasa bersedih tetapi justru bisa membuka diri untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam menghadapinya. Beberapa langkah telah ditulis dalam webblog ini, sebagai langkah antisipatif karyawan menghadapi krisis. Untuk karyawan profesional dapat menggunakan jasa perekrutan untuk mencari peluang. Bisa juga nantinya anda diminta lebih aktif melakukan program penghematan, efisiensi, efektifitas maupun restrukturisasi bisnis sebagai bentuk ‘pengobatan’ internal yang nantinya mampu menyelamatkan dan menyehatkan perusahaan kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s