Efisiensi operasional dengan penyatuan waktu Indonesia

world_time_zone_mapBayangkan, jika perusahaan memiliki kewajiban untuk melakukan transaksi pengiriman uang ke cabang di daerah, katakanlah pukul 16.30 WIB. Namun cabang tersebut berada di daerah Bali yang memiliki waktu berbeda (WITA), yang tentunya sama dengan pukul 17.30, dan itu berarti fasilitas perbankan sudah tutup. Padahal cabang tersebut sangat membutuhkan dana pada hari itu juga, namun sayangnya karena perbankan sudah tutup, maka tidak bisa melakukan transaksi. Penggunaan ATM juga tidak menyelesaikan masalah karena adanya limit penarikan. Walhasil, pada keesokan harinya baru bisa dilakukan transaksi. Terjadilah kelambatan usaha operasional perusahaan, yang tentunya membawa implikasi dan konsekuensi bisnis.

Itulah ilustrasi kelemahan dari adanya perbedaan waktu di Indonesia. Beberapa dekade lalu, dunia perbankan belum mengenal sistem RTGS (Realtime Gross Settlement) yang memungkinkan terjadinya pengiriman uang antar wilayah dalam hitungan menit. Namun perbedaan waktu di indonesia yang terbagi atas 3 zona waktu, tentunya menyebabkan perbedaan waktu buka-tutup kantor termasuk juga kegiatan transaksi keuangan. Sedangkan, bisnis membutuhkan kecepatan (speed) yang mungkin bukan dalam hitungan jam lagi, tetapi sudah dalam satuan menit. Adopsi sistem RTGS pada transaksi keuangan perbankan merupakan jawaban dari tuntutan bisnis tersebut. Tapi sayangnya, contoh diatas membuktikan sistem yang baik bisa dihambat pula oleh penerapan aturan pembagian zona wilayah Indonesia.

Sebenarnya memang banyak kekurangan dibandingkan kelebihan penerapan zona 3 waktu ini. Kementrian Negara Riset dan Teknologi sudah melakukan analisa dan riset mengenai ini sejak tahun 2006, dan inilah sebagian dari kerugian zona 3 waktu :

       Hilangnya waktu untuk berkomunikasi kantor cabang yang berbeda wilayah waktu. contoh sederhana dimana jika di Jakarta masih menunjukkan waktu 11.30 WIB dan belum waktu istirahat, tetapi di Balikpapan waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 WITA yang berarti sudah masuk waktu istirahat kantor.

       Masyarakat indonesia timur, merasa dianaktirikan dengan perbedaan waktu karena primetime TV indonesia ada di waktu 19.00 s/d 22.00 WIB, sedangkan waktu tersebut sudah berbeda 1 – 2 jam, yang jika mereka ingin menonton acara hiburan tersebut, tentunya harus rela mengurangi jam tidurnya.

       Maskapai penerbangan sulit melakukan efisiensi penerbangan ke indonesia timur karena perbedaan waktu ini.

       Inefisiensi operasional pemerintahan, seandainya ada keputusan penting dari Jakarta pada pukul 16.00 WIB yang harus dieksekusi oleh kantor di Kaltim, misalnya Samarinda, bisa tertunda karena sudah  tutupnya kantor-kantor pemerintahan Samarinda yang menganut waktu WITA.

       Operator telekomunikasi belum mampu mengefisienkan perbedaan tarif reguler (06.00 s/d 22.59) dengan tarif malam (23.00 s/d 05.59) karena perbedaan waktu ini. Juga karena adanya perbedaan waktu yang hampir mencapai 4 jam dari waktu Indonesia barat dengan Indonesia Timur.

       Indonesia tidak optimal dalam menyerap potensi pariwisata baik lokal maupun mancanegara karena perbedaan selisih waktu ini menyebabkan wisatawan tidak maksimal tinggal di wilayah pariwisat indonesia.

Lantas, negara mana saja yang sudah menerapkan zona satu waktu ini?. Secara geografis, wilayah Indonesia yang terbentang seluas 46 derajat di atas permukaan bumi memang wajar dibagi dalam tiga wilayah waktu. Jika 360 derajat bumi sama seperti 24 jam, berarti per jam sekitar 15 derajat, total perbedaan wilayah waktu indonesia bisa mencapai 3 jam. Meskipun demikian, Republik Rakyat China (RRC) yang membentang seluas 60 derajat di atas permukaan bumi hanya memberlakukan satu waktu.. Malaysia, yang dahulu ada 2 zona waktu, sudah menerapkan zona satu waktu sejak tahun 1981. Sebenarnya ide penyatuan ini bukan ide baru, tetapi pernah dicetuskan oleh para pemimpin ASEAN pada tahun 1996 untuk menyatukan waktu-waktu ibukota negara ASEAN. Jika ini terjadi, maka efisiensi yang diperoleh bukan pada tingkat nasional saja, tetapi akan mencapai tingkat regional.

Zona waktu indonesia saat ini mengacu pada Keppres no 41/1987, yakni zona 3 waktu dengan mempertahankan zona waktu tetap 3 waktu, hanya saja mengakomodir perubahan untuk wilayah Bali, Kaltim, Kalteng dan Kalbar. Sosialisasi waktu saat itu juga hanya membutuhkan sekitar 3 bulan, terutama terjadinya perbedaan waktu ibadah shalat seperti yang dilakukan umat islam indonesia.

Sekali lagi, dengan kecanggihan teknologi, fasilitas komunikasi dan informasi sekarang ini ternyata bisa terhambat oleh pembagian waktu pemerintah yang nota bene sudah membuat indonesia tampak kaku dan tidak adaptif terhadap kemajuan teknologi maupun tuntutan bisnis masa depan. Contoh satu lagi, antara daerah Banyuwangi dan Bali yang letaknya bersebelahan dan hanya dibatasi selat, tapi perbedaan waktu mencapai satu jam. Aneh ya, tapi itulah kenyataan sekarang.

 

3 pemikiran pada “Efisiensi operasional dengan penyatuan waktu Indonesia

  1. Nah.. ini dia..

    Aku setuju banget.. aku juga udah buat group untuk mendukung gerakan penyatuan waktu indonesia..

    coba di kunjungi dan kalo bisa gabung group ini. Demi efisiensi dan kemajuan, serta persatuan sosio-psikologis Indonesia.

    Dengan rendah hati saya mengundang rekan-rekan untuk bergabung dalam facebook group yang berjudul:
    Gerakan Waktu Indonesia Satu – Menuju Persatuan Indonesia!
    http://www.facebook.com/group.php?gid=249811146096

  2. Sepertinya ga mungkin menyatukan zona waktu ini. Misal di waktu bagian barat orang kerja dari jam 08.00 pagi sampai jam 5 sore. Kalau ini diberlakukan di daerah Papua Barat, ini artinya sama dengan jam 5 malam bagi mereka. Ga mungkin bukan???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s