Mengenal Model Instruksional dalam Pelatihan – Implementation (4)

knowledge-transferTahap Implementasi (Implementation phase) adalah tahap dimana dilakukan eksekusi pemberian pelatihan, yang mencerminkan pemberian secara aktual pelatihan tersebut. Banyak yang mengatakan tahap ini adalah tahap paling penting, karena merupakan eksekusi dari semua rangkaian tahap model disain instruksional model ADDIE.

Secara umum, tahap eksekusi atau implementasi tergantung dari tahap sebelumnya, yakni apakah pemberian pelatihan itu akan dilakukan pada ruangan kelas tertutup, ruangan terbuka, di dalam suatu lab, dilaksanakan secara jarak jauh (distance learning), atau menggunakan komputer, atau bisa juga merupakan gabungan kombinasi dari tipe eksekusi tersebut. Pilihan tentu sudah ditentukan dari tahap analisa, disain maupun development yang telah dilewati. Segala hal yang menjadi aspek pertimbangan seperti: efektifitas tempat pelatihan, kemudahan akomodasi, pertimbangan biaya dan manfaat, kesiapan partisipan maupun instruktur tentunya sudah dianalisa dan divalidasi dalam tahap Development dengan baik. Dengan demikian eksekusi atau implementasi bisa berjalan sesuai yang direncanakan.

Tujuan utama dari tahap implementasi ini tentunya agar :

  • Pelatihan berjalan secara efektif dan dilaksanakan dengan benar
  • Pelatihan berlangsung secara efisien, baik dalam penyampaian maupun instruksi yang diberikan.
  • Mampu mempromosikan dan mendorong partisipan pelatihan mengerti dengan baik materi yang diberikan
  • Mendukung pemahaman partisipan atas subyek utama yang menjadi materi pelatihan
  • Menjamin terjadinya alih pengetahuan (transfer of knowledge) dari instruksi materi yang diberikan terhadap aplikasi di dalam tugas atau pekerjaan.

Segala tujuan tersebut tentunya perlu diketahui seberapa besar efektifitas maupun hasil/result yang telah dijalani. Bila tahap implementasi telah dilakukan dengan benar, maka bisa melangkah pada tahap selanjutnya yakni mengukur seberapa besar efektif pelatihan yang dijalankan sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan pelatihan berikutnya. Tahap tersebut adalah tahap evaluasi (Evaluation).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s