Test Kesiapan Menghadapi Interview

interview-test-iqAnda, sebagai pencari kerja akan menghadapi wawancara (interview). Tapi sebelum menghadapinya, benarkah anda sudah menyiapkan diri secara total?. Jika persiapan anda sangat matang, maka sebenarnya hampir 90% dari rangkaian penerimaan pekerjaan sudah ditangan.

Karena itu, lakukan penilaian terhadap diri anda sendiri seberapa besar kesiapan anda menghadapi wawancara.

Dibawah ini adalah serangkaian test untuk melihat derajat kesiapan anda :

  1. Saya tahu pasti apa yang saya kerjakan dengan baik  (Ya)        (Tidak)
  2. Saya dapat menggambarkan kepada orang lain dengan tepat dalam pernyataan yang ringkas mengenai pekerjaan apa yang saya inginkan (Ya)        (Tidak)
  3. Saya dapat menyiapkan minimal 50 contoh efektifitas hasil kerja saya (Ya)       (Tidak)
  4. Saya dapat memberikan contoh yang tepat secara spesifik hasil efektifitas kerja saya yang berguna bagi perusahaan     (Ya)        (Tidak)
  5. Saya selalu mengembangkan diri terhadap informasi baik dibidang bisnis, industri maupun perdagangan dengan selalu
    1. Membaca koran umum (kompas, republika, dll),   (Ya)        (Tidak)
    2. Publikasi bisnis (SWA, wartaekonomi,GlobeAsia dll)   (Ya)        (Tidak)
    3. Publikasi spesifik yang sesuai minat/pekerjaan saya (InfoTambang, HumanCapital magazine, dll)   (Ya)        (Tidak)
  6. Saya mendapatkan informasi tentang perusahaan yang akan mewawancarai saya melalui internet atau berbicara dengan karyawan perusahaan tersebut   (Ya)       ( Tidak)
  7. Saya mendapatkan informasi mengenai kisaran gaji untuk posisi yang saya lamar melalui
    1. Hasil salary survey  (Ya)       ( Tidak)
    2. Dari asosiasi profesional     (Ya)       ( Tidak)
    3. Dari internet     (Ya)        (Tidak)
  8. Saya telah mengantisipasi pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan kepada saya terkait dengan :
    1. Pendidikan      (Ya)        (Tidak)
    2. Ketrampilan       (Ya)       ( Tidak)
    3. Pencapaian kerja saya       (Ya)       ( Tidak)
    4. Cara bekerja       (Ya)       ( Tidak)
    5. Gaya Manajemen     (Ya)       ( Tidak)
    6. Motivasi       (Ya)       ( Tidak)
    7. Sejarah kerja         (Ya)        (Tidak)
    8. Personaliti        (Ya)        (Tidak)
    9. Kekuatan saya      (Ya)        (Tidak)
    10. Kelemahan saya      (Ya)        (Tidak)
    11. Hubungan kerja saya    (Ya)        (Tidak)
    12. Referensi saya     (Ya)        (Tidak)
  9. Saya sudah membuat strategi untuk memberikan jawaban terhadap semua pertanyaan yang mungkin timbul, tanpa harus menghapal jawabannya     (Ya)        (Tidak)
  10. Saya sudah memiliki data pendukung terhadap pernyataan yang saya berikan (data statistik, hasil evaluasi kerja, dll)     (Ya)       (Tidak)
  11. Saya telah memiliki daftar pertanyaan yang layak ditanyakan kepada pewawancara, tanpa perlu menghapalnya    (Ya)        (Tidak)
  12. Saya telah memilih jenis pakaian, sepatu, celana dan dokumen yang saya bawa untuk keperluan wawancara   (Ya)        (Tidak)
  13. Saya tahu dengan pasti bagaimana menuju tempat wawancara                (Ya)       (Tidak)
  14. Saya tahu pasti berapa lama menuju tempat wawancara baik saat hari kerja maupun pada hari pelaksanaan wawancara    (Ya)        (Tidak)
  15. Saya sudah menyiapkan waktu tambahan ekstra untuk mengantisipasi kemacetan, tempat parkir maupun prosedur keamanan yang perlu dilewati menuju tempat wawancara      (Ya)           ( Tidak)
  16. Saya tahu dengan siapa harus bertemu, dari departemen/bagian apa, termasuk nomor kontaknya        (Ya)        (Tidak)

Jika anda sudah dapat menjawab “Ya” untuk keseluruhan pertanyaan diatas, selamat, anda benar-benar memiliki kesiapan tinggi dalam menghadapi wawancara.  

Satu pemikiran pada “Test Kesiapan Menghadapi Interview

Tinggalkan Balasan

