Cara mudah meningkatkan penghasilan anda

get-a-job1Ada berbagai cara mudah untuk meningkatkan gaji anda. Tidak hanya dapat meningkatkan pendapat anda sekitar beberapa  persen tapi mungkin juga berlipat dua atau bahkan lebih. Anda perlu mengikuti beberapa tips dibawah sebagai langkah untuk melipatgandakan gaji anda.

 

Ucapkan Selamat Tinggal. Mungkin ini tips ini terlalu ‘blak-blakan’ sebagai tips peningkatan gaji. Tapi percayalah, anda tinggal di Indonesia dengan inflasi yang mencapai double digit (dalam beberapa hal saya kurang percaya dengan data BPS, yang menurut saya menyampaikan data lebih rendah dari sebenarnya). Coba perhatikan berapa harga barang yang biasa anda beli awal tahun, kemudian bandingkan dengan harga pada akhir tahun. Rata-rata kenaikan biasanya 10% atau lebih. Terlebih pada kondisi sekarang, dengan melemahnya nilai rupiah sebagai akibat dampak krisis finansial global. Kenaikan rata-rata gaji dengan posisi tetap, jarang yang melewati angka diatas 30%. Bahkan sekalipun anda naik jabatan, jarang sekali anda mendapatkan kenaikan sampai 100%. Karena itu, ‘mengganti’ perusahaan merupakan cara tercepat melipatkan gandakan gaji anda. Di tempat baru anda bisa menegosiasi gaji anda sesuai dengan harapan. Bahkan bila sudah memiliki tawaran (offering letter) di tangan, bisa digunakan untuk meningkatkan posisi nilai anda di tempat sekarang untuk meraih kenaikan gaji yang lebih signifikan atau mendapatkan promosi.

 

Memulai suatu usaha. Anda dapat memperoleh penghasilan lebih dengan memulai suatu usaha atau bisnis. Ini akan menambah penghasilan anda selain gaji yang anda terima. Beberapa orang memulai usaha yang tidak menyita waktu, misalnya menjadi agent property atau agen asuransi. Juga model multilevel marketing bisa digunakan sebagai usaha menambah penghasilan. Namun seperti halnya usaha bisnis,tentu memerlukan kesabaran, kesungguhan, keuletan dan perencanaan bisnis yang matang. Bila dilakukan secara tepat, bisa melipatgandakan penghasilan anda, duakali lipat bahkan lebih.

 

Pindah lokasi kerja. Di beberapa tempat di indonesia, memiliki skala gaji yang berbeda untuk profesi yang sama. Sebagai contoh, seorang akuntan di wilayah jakarta, tentunya mendapat gaji lebih besar dibandingkan akuntan di kota cirebon, dengan standar hidup yang tidak berbeda jauh. Namun sebelum meminta perpindahan lokasi kerja, yakinkan dulu dengan standar biaya hidup di tempat tersebut. Kadang, di beberapa perusahaan menerapkan standar gaji berbeda di beberapa lokasi kerja karena faktor resiko kerja, seperti di perusahaan tambang, oil & gas dll. Ini bisa jadi pilihan untuk meningkatkan gaji anda.

 

Tingkatkan kompetensi anda. Anda dapat meningkatkan gaji dengan menambah kemampuan, ketrampilan maupun pengetahuan anda yang sesuai bidang pekerjaan. Jika anda seorang financial officer, tapi anda memperoleh gelar CFA, akan berbeda gajinya dengan orang yang bekerja sebagai financial officer tapi tanpa gelar CFA. Sama juga seorang IT engineer, yang sudah certified MSCE, CCNA dll akan mendapat gaji yang tentu berbeda dengan IT engineer tanpa sertifikasi. Perbedaannya cukup signifikan, bisa dua kali lipat atau bahkan lebih.

 

Konsultasi dengan konsultan karir. Banyak orang yang memiliki performa tinggi namun seringkali tidak mendapat penghargaan selayaknya. Ada baiknya jika anda termasuk golongan tersebut, berkonsultasi dengan pembimbing karir atau konsultan karir yang ada pada perusahaan konsultan SDM atau karir. Para pakar konsultan SDM ini biasanya dapat membantu, menilai maupun melakukan assessment kepada orang-orang untuk menggali kekuatan serta hambatan yang ada sehingga mampu memberdayakan potensi terbaik orang tersebut untuk mencapai posisi lebih tinggi.

2 pemikiran pada “Cara mudah meningkatkan penghasilan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s