Audit SDM (2)

Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai audit SDM untuk perencanaan SDM (HR Planning) dan Struktur Organisasi (Organization Structure) berikut adalah audit yang bisa dilakukan untuk sistem SDM lainnya, yakni untuk assessment, recruitment, selection, placement dan training development.

 

ASSESMENT, RECRUITMENT, SELECTION & PLACEMENT

 

1.    Apakah perusahaan sudah mempunyai standar baku prosedur dalam perekrutan maupun terminasi karyawan? baik internal maupun eksternal?

2.   Apakah sudah ada orang/posisi tertentu yang bertanggungjawab dalam menjalankan fungsi perekrutan karyawan?

3.   Apakah dalam melakukan fungsi perekrutan karyawan dilakukan pada posisi tertentu (sentralisasi) atau bisa dilakukan oleh unit/divisi yang lain (desentralisasi)?

4.   Apakah ada proses formal untuk mengidentifikasi adanya kebutuhan pekerjaan (job vacancies?)

5.   Apakah perekrutan dilakukan secara proaktif melalui mode perencanaan (misalnya rencana tenaga kerja) dan bersifat reaktif untuk penggantian jabatan serta pembukaan lowongan kerja?

6.   Apakah analisa jabatan (job analysis) dilakukan untuk setiap posisi?

7.   Apakah proses interview dilakukan dalam perekrutan? baik internal maupun eksternal?

8.   Apakah karyawan yang diterima diberikan kontrak tertulis mengenai tugas dan tanggung jawab, masa kerja, status kerja dan periode kontrak kerja? termasuk menyesuaikan dengan peraturan tenaga kerja/depnaker?

9.   Apakah organisasi menggunakan atau pernah mencoba untuk mengevaluasi alternatif pencarian tenaga kerja melalui: a) Proyek atau kontrak outsourcing; b) Penempatan sementara; c) Penempatan pool internal; d) Part-time atau pengerjaan bersama-sama (job sharing)?

10.  Apakah biaya karyawan/tenaga kerja telah dihitung menurut anggaran perusahaan?

11.  Bila terjadi pemutusan hubungan kerja/terminasi, apakah hal tersebut disesuaikan dengan peraturan perusahaan ?

12.  Apakah ada orang atau posisi yang bertanggungjawab dalam mereview dan menilai (assesment) tingkat ketrampilan, pengetahuan, pendidikan, minat karyawan di unit/departemen dalam organisasi?

13. Jika penilaian (assesment) diatas ada, bagaimana penilaian itu dilakukan? Formal atau informal? Jelaskan

14. Jika penilaian (assesment) diatas ada, apakah penilaian tersebut digunakan dalam subfungsi SDM lainnya, seperti pelatihan atau perencanaan karir? Jelaskan

 

ORIENTATION, TRAINING & DEVELOPMENT

 

1.   Apakah perusahaan mempunyai kebijakan/peraturan/keputusan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan?

2.   Apakah perusahaan mempunyai orang/posisi tertentu yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan?

3.   Apakah perusahaan memiliki standar atau proses yang menjadi acuan/ pedoman untuk menilai kebutuhan organisasi pelatihan dan pengembangan bagi karyawan (training and development need assesment)?

4.   Apakah isu perusahaan seperti misi, sasaran, target, perubahan budaya/nilai, fokus orientasi pelanggan, dipertimbangkan sebagai kebutuhan pelatihan?

5.   Apakah rencana pelatihan dan pengembangan karyawan disesuaikan dengan penilaian kinerja karyawan?

6.   Apakah program pelatihan dan training memiliki sasaran dan target yang jelas dan obyektif?

7.   Apakah pelatihan dan training yang ada sudah direcord dan dimaintain ?

8.   Apakah pelatihan dan training sudah dimasukkan ke dalam anggaran perusahaan?

9.   Apakah pelatihan dan training yang diberikan sudah dilakukan evaluasi maupun efektifitas hasilnya (training evaluation & impact analysis)?

Satu pemikiran pada “Audit SDM (2)

  1. Wah terima kasih ne pak,,,sangat berguna sekali untuk bahan proyek akhir saya.kebetulan saya mengangkat tema HR, dan ingin membahas HR Audit…saya mau bertanya,,Locus penelitian saya di Hotel bintang 3 apa mereka harus juga menjalankan HR AUDIT ini?Trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s