Menggunakan Impact Analysis Tools

Impact analysisKetika anda memerlukan suatu prakiraan, bagaimana suatu hal terkait dengan problem akan mempengaruhi organisasi anda, apakah konsekuensi yang akan dihadapi bagaimana meminimisasi pengaruh negatif dari problem tersebut. Maka anda memerlukan suatu tools yang dinamakan Impact Analysis Tools. 

Apa Impact Analysis Tools? ini adalah tools yang dapat mengidentifikasi pengaruh atau efek secara luas atau beragam  yang dikaitkan dengan suatu problem atau dengan memberikan suatu proposal solusi.

Adanya impact analysis tools akan menjawab sebagian pertanyaan penting yakni :

  • Bagaimana pengaruh terhadap unit/departemen/organisasi anda di masa depan?
  • Apa konsekuensi dari tidak berbuat apa-apa terhadap problem ini?
  • Apa pengaruh negatif yang akan terjadi di masa mendatang?

Obyektif dari impact analysis tools sudah tentu adalah bagaimana mengurangi atau meniadakan dampat negatif di masa mendatang. Karena itu, tools ini sangat berguna dalam menilai resiko dari berbagai macam solusi yang ditawarkan. Dengan adanya tools ini, prototoype kejadiaan masa depan bisa diramalkan, sehingga sangat membantu anda dalam memilih solusi yang paling tepat. 

Ada berbagai macam tools yang termasuk dalam kategori impact analysis tools, antara lain : 

  • Scenario Playing – Adalah penceritaan mengenai bagaimana masa depan akan terjadi dari alternatif : Do Nothing Vs Solution.
  • Cost Benefit Analysis – Adalah analisa yang digunakan untuk menghitung dampak untung dan rugi suatu solusi, dengan mengkuantifikasi secara metrik. Used to quantify impacts
  • Decision Tree Analysis – Dengan membangun suatu pohon (tree analysis) dan menempatkan kemungkinan alternatif yang paling tepat sebagai solusi.
  • Simulation – Menggunakan model suatu proses dan melihat bagaimana pengaruhnya bila suatu variable dipakai atau diganti.
  • Prototype Model – Mengembangkan dan menguji solusi tersebut dalam skala kecil sebelum melakukan implementasi untuk melihat dampak atau mempelajari lebih lanjut, sebelum melakukannya pada skala yang lebih besar.

  

4 pemikiran pada “Menggunakan Impact Analysis Tools

  1. Pengennya sih gitu cak sun,
    Tapi berhubung lagi suka menulis yang berbau politik, nanti pembahasan mengenai analytical thinking, system thinking di waktu lain cak..soale mikirnya lebih berat…

    tshahindra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s