Langkah 5. Menghargai dan menilai sumberdaya kompetensi organisasi

kompetensi (6)Setelah menyiapkan tenaga kerja untuk proses CBM, maka perlu sebuah proses untuk menilai kebutuhan kompetensi perlu untuk dipenuhi setiap karyawan bagi organisasi. Proses ini merupakai proses penilaian komprehensif untuk mengenal atau mengetahui kompetensi . Inilah yang dinamakan competency directory assessment atau competency assessment saja. 

Proses ini dapat dilakukan untuk keseluruhan bagian organisasi atau selangkah demi selangkah dengan membaginya per divisi-divisi. Namun, yang terpenting adalah seluruh bagian atau lapisan vertikal (lintas semua tingkat di dalam divisi) organisasi terlibat.  Dalam beberapa hal, anda mungkin membutuhkan pelatihan untuk para asessor baik internal maupun eksternal, atau juga mengadakan workshop untuk semua staff bagaimana agar mereka dapat melaksanakan tugas pengisian competency assessment. 

Hasil dari rekaman ini, dapat dimasukkan ke dalam direktori profil kompetensi karyawan, baik secara manual atau ditempatkan ke dalam sistem database.Penggunaan sistem informasi atau sistem aplikasi SDM akan memudahkan pengelolaan direktori profil kompetensi ini, termasuk menampilkan data penting sebagai acuan referensi keputusan strategis pengelolaan SDM. 

Beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menilai dan mengukur kompetensi adalah :

  • Behavioral Event Interview Method
  • Testing & Examination
  • Certification Examination
  • Performance Appraisal Result
  • 360 Degree Assessment
  • Desk Survey
  • Expert Panel
  • Training Evaluation dll

Update dan review terhadap profil kompetensi tergantung dari kebutuhan organisasi. Ada yang menetapkan secara periodik atau berdasarkan kebutuhan tertentu. Sebaiknya ini ditetapkan secara periodik, agar selalu data dan informasi profil kompetensi selalu update dan terbaru.

Satu pemikiran pada “Langkah 5. Menghargai dan menilai sumberdaya kompetensi organisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s