Isi sebuah uraian jabatan – Persyaratan Kompetensi (10)

Isi uraian jabatan (10)Jika organisasi telah melakukan competency based management, atau sudah memiliki kamus kompetensi, yang memetakan, mendefinisikan dan mereferensikan seluruh kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dan diperlukan untuk dipenuhi karyawannya, maka pada job description dapatlah dilengkapi dengan persyaratan kompetensi. 

Persyaratan kompetensi (competency requirement) pada job description merupakan persyaratan kompetensi minimum agar pemangku jabatan dapat melaksanakan tugasnya sesuai yang diharapkan. Pada dasarnya, pembagian kompetensi pada jabatan, tergantung model kompetensi yang dibuat oleh organisasi. Ada yang menerapkan model soft competency dan hard competency (model gunung es / iceberg). Ada yang membaginya menjadi core competency dan functional competency. Ada pula yang membaginya menjadi managerial competency, technical competency dan basic competency. Karena sangat luasnya mengenai permodelan kompetensi ini, maka penjelasan mengenai model kompetensi, pembagian serta teknik pembuatannya akan dijelaskan pada tulisan tersendiri dalam kategori competency based management. 

Untuk mudahnya, dapat diambil contoh yakni membagi persyaratan kompetensi menjadi dua jenis yakni :

  • Soft Competency, yakni persyaratan kompetensi yang terkait dengan perilaku, budaya, attitude maupun sikap.
  • Hard Competency, yakni persyaratan kompetensi yang terkait dengan pengetahuan, ketrampilan, dan keilmuan yang diperlukan dalam pekerjaan.

 Sebagai contoh, jabatan trainer memiliki persyaratan kompetensi soft :

  • Achievement Orientation / Orientasi Berprestasi
  • Inititative / Inisiatif
  • Relationship Building / MembinaHubungan
  • Developing Others / Mengembangkan Orang lain
  • Self Development / Pengembangan Diri Sendiri

 Sedangkan untuk persyaratan kompetensi hard nya adalah :

  • Presentation Skill / Ketrampilan presentasi
  • Training Management / Pengelolaan Pelatihan

Adapun, mengenai tingkat / level kompetensi bisa saja dimasukkan ke dalam job description. Namun, bila ingin dimasukkan, maka anda harus sudah memetakan profil jabatan tersebut ke dalam skala kompetensi sesuai kategori kompetensi diatas. Bisa menggunakan skala mulai dari pemula/ beginner, menengah / intermediate, sampai ahli / advance, atau menggunakan basis indikator, dengan petunjuk indikator di setiap tingkat kompetensi.

3 pemikiran pada “Isi sebuah uraian jabatan – Persyaratan Kompetensi (10)

  1. mohon dong saya di tuntun untuk membuat suatu kompetensi,misal apa itu kompetensi,apa itu unit-unit kompetensi, apa itu claster, elemen kompetensi dan seterusnya karena saya masih bingung didalam pembuatan satu bahan ajar yang berbasis kompetensi sekali lagi mohon maaf terimakasih
    NB: Kalau ada CD nya saya mau beli berapa harganya

    • Sumber bukunya banyak sekali mas loli..
      yang jelas buku-buku tentang manajemen organisasi, strategic management, project management, quality management adalah sebagian besar referensinya.

      salam,
      tshahindra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s