Isi sebuah uraian jabatan – Hubungan Pekerjaan (8)

Isi uraian jabatan (8)Aspek lainnya yang tidak kalah penting dan perlu dituliskan dalam suatu uraian jabatan (job description) adalah hubungan pekerjaan (work relationship). Aspek ini memiliki dampak yang bagi pemangku jabatan dalam melakukan hubungan pekerjaan terhadap rekan kerja di dalam unit organisasi atau diluar unit organisasi.

Pencantuman hubungan kerja bermanfaat untuk menggambarkan kepada siapa saja pemangku jabatan melakukan bentuk hubungan kerja baik bersifat horizontal maupun vertikal. 

Secara umum, Hubungan Kerja dibagi dalam dua besaran utama yakni :

  • Hubungan Kerja Internal. Yakni hubungan di dalam organisasi itu sendiri
  • Hubungan Kerja Eksternal. Yakni hubungan kerja ke luar organisasi.

Yang terpenting dari hubungan kerja tersebut adalah sifat, karakter maupun jenis hubungan kerja. Pembagian jenis hubungan kerja ini bisa bersifat fungsional, instruksional, koordinasi, informasi, konsultasi, kemitraan maupun rekomendasi. 

Sebagai Contoh :  Hubungan Kerja untuk jabatan seorang Trainer

  •  Hubungan  Kerja Iinternal :
    • Training Manager           : Hubungan kerja bersifat struktural, informasi, koordinasi, konsultasi maupun rekomendasi
    • User Manager                :  Hubungan kerja bersifat fungsional, koordinasi, konsultasi
  • Hubungan eksternal :
    • Vendor / Supplier Training : Hubungan kerja bersifat fungsional, koordinasi, dan kemitraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s