Langkah 4. Menyiapkan tenaga kerja/staff untuk implementasi Competency Based Management-CBM (5)

Setelah langkah ke 4, menyiapkan infrastruktur berbasis kompetensi, yang tentunya merupakan langkah terberat dalam membuat CBM,  maka langkah selanjutnya adalah penyiapan tenagakerja /staff untuk implementasi CBM. Tanpa keterlibatan, komitmen dan peran dari stakeholder terkait, langkah pengembangan CBM akan sia-sia dan tidak bermakna. Adanya keterlibatan staff dalam implementasi CBM sangat terasa, misalnya dalam melakukan review terhadap job description yang sudah sesuai dengan persyaratan kompetensi jabatan (competency requirement for the job).

Penyiapan langkah ini termasuk kritis, karena bila tidak diadministrasi dan dikelola dengan tepat, dapat menimbulkan resistensi maupun keengganan staff untuk terlibat. Pada awalnya beberapa staff akan menganggap bahwa penerapan CBM akan menimbulkan selisih kompetensi , yang dapat mengganggu pekerjaan dan jabatan mereka. Adanya sistem CBM akan menyertakan standar kompetensi yang dipersyaratkan, sehingga staff merasa khawatir tidak dapat memenuhi standar kompetensi tersebut.  Untuk itu, diperlukan penjelasan mengenai makna CBM , sebagai alasan yang paling logis bahwa standar kompetensi tersebut merupakan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan, pengembangan, pengalaman atau model pengembangan lainnya untuk mengisi selisih kompetensi (competency deficiencies) yang ada.

Karena itu, dalam langkah ini perlu sekali dilakukan :

  • Penjelasan tentang Manajemen Berbasis Kompetensi itu sendiri (CBM) secara jelas dan detil. Penjelasan hendaknya lebih diberikan kepada aspek positif dan manfaat serta benefit bagi organisasi dan individu.
  • Penjelasan, pelatihan serta implementasi dilakukan berurut mulai dari Senior Eksekutif, Jajaran Manajer, Supervisor sampai Staff. Ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran dari Top Manajemen sampai lapisan terbawah lini organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s