Isi sebuah uraian jabatan – Uraian Pekerjaan (3)

Dalam menulis job description yang baik, sebaiknya memuat mengenai uraian pekerjaan, ukuran kinerja pekerjaan dan kebutuhan (requirement) untuk pekerjaan tersebut. Berikut kita bahas satu-persatu, mengenai isi uraian pekerjaan. Pada umumnya isi uraian pekerjaan itu meliputi hal sebagai berikut :

  • Misi jabatan
  • Ilustrasi jabatan
  • Dimensi Pekerjaan
  • Tanggung jawab utama
  • Wewenang Utama
  • Lingkungan kerja
  • Hubungan kerja 

Misi Jabatan  

Misi jabatan bertujuan untuk menjawab alasan mengapa jabatan tersebut ada didalam organisasi. Misi jabatan terdiri dari pernyataan singkat yang terdiri dari satu sampai dua kalimat.  Beberapa pertanyaan yang mungkin dilakukan untuk dapat menjawab hal ini adalah :

  • Untuk apa jabatan ini ada/diciptakan  di organisasi?
  •  Apa kontribusi unik jabatan ini kepada organisasi?
  •  Apa yang terjadi pada organisasi jika jabatan ini ditiadakan?
  •  Mengapa perusahaan membutuhkan jabatan ini? 

Ilustrasi Pekerjaan 

Ilustrasi pekerjaan adalah narasi yang menggambarkan pekerjaan tersebut, biasanya terdiri beberapa paragraf terstruktur. Dengan membaca ilustrasi pekerjaan diharapkan pembaca dapat mendapatkan gambaran tentang jabatan tersebut, seolah-olah merasakan bagaimana melakukan pekerjaan itu. Tidak perlu berupa karangan panjang, yang penting singkat, padat dan mengenai sasaran. Yang diisi pada ilustrasi pekerjaan terutama :

  • Posisi jabatan di organisasi, bertanggungjawab pada siapa dst.
  •  Aktivitas-aktivitas utama dalam melakukan pekerjaan
    • Pelayanan apa yang diberikan oleh pemangku jabatan dan bagaimana pekerjaan tersebut dilakukan
    • Spesialisasi, aspek-aspek teknis dan/atau managerial  yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut
    • Bagian-bagian yang menjadi sumber kreatifitas dan inovasi dalam pekerjaan
  •  Kerangka kerja (framework) jabatan
    •  Dalam melakukan pekerjaannya pemangku jabatan terikat kepada peraturan-peraturan apa saja seperti kebijakan, strategi, aturan, instruksi kerja dll
    • Identifikasi apa yang dilakukan pemangku jabatan, apa-apa yang harus dikonsultasikan atau berkenaan dengan kewenangan yang lebih tinggi
  • Pengorganisasian aktifitas bawahan (subordinate coordination)
    • Posisi mana saja yang memberikan report/laporan kepada pemangku jabatan dan dan apa tujuannya?
    • Bagaimana pola, sifat dan tingkat koordinasi yang dilakukan bawahan dengan pemegang jabatan
    • Bagaimana pengaturan dan pengecekan aktifitas bawahan (subordinate)

Satu pemikiran pada “Isi sebuah uraian jabatan – Uraian Pekerjaan (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s