Isi sebuah Uraian Jabatan (Job Description) (2)

Jika kita diminta untuk membuat job description, maka yang perlu dipertimbangkan adalah apa bagian-bagian isi dari job description tersebut. Kelengkapan bagian dari isi sebuah job description sebenarnya tergantung kebutuhan organisasi. Semakin kompleks dan semakin integratif antara subsistem SDM lainnya, maka job description yang lengkap akan semakin dibutuhkan.

Karena itu, sebuah  Job Description yang baik, minimal memuat dua hal yakni : 

  1. Uraian tanggungjawab utama, 
  2. Persyaratan kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut.

Namun, agar lebih dapat memenuhi sebagai bagian integratif dengan sub sistem lainnya, yakni akan menjadi referensi utama pengembangan sub sistem manajemen SDM,  job description sebaiknya memiliki tiga hal utama yakni:

  1. Uraian mengenai jabatan tersebut, yakni berisikan hal penting mengenai jabatan itu.
  2. Ukuran kinerja yang dipersyaratkan, sebagai indikator terhadap keberhasilan menyelesaikan tanggungjawab utama jabatan.
  3. Kebutuhan jabatan yang dipersyaratkan

Dalam perkembangannya, uraian jabatan berisikan banyak item. Umumnya terdiri dari Misi Jabatan, Ilustrasi Pekerjaan, Lingkungan Pekerjaan, Hubungan Pekerjaan, Tanggungjawab utama, Wewenang Pekerjaan, dan Dimensi Pekerjaan. Ukuran kinerja dapat diambil dari Key Performance Indicator untuk jabatan tersebut, yang berasal dari Key Result Area nya. Hubungan ini hendaknya sejalan dengan strategi, visi, misi organisasi dan tentunya terkait dengan tanggungjawab utama bagi pemangku jabatan tersebut.

Sedangkan untuk kebutuhan jabatan atau pekerjaan, dapat dibagi menjadi persyaratan utama yang bersifat mutlak, dan persyaratan kompetensi baik soft competency maupun hard competency.

Satu pemikiran pada “Isi sebuah Uraian Jabatan (Job Description) (2)

  1. Kalau melihat tulisan diatas, maka perlu dibuatkan Key Result Area setiap pemangku jabatan yah pak….? padahal kita ketahui kemungkinan setiap Key Result Area yang mengacu kepada Key Performance Indicator minimal setiap tahun akan berubah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s