Langkah 1. Identifikasi area implementasi CBM (2)

Langkah awal untuk membangun Competency Based Management adalah melakukan identifikasi dari sekian aktifitas manajemen utama yang akan menjadi awal inisiasi CBM.  Tentunya, manfaat maksimum akan didapatkan jika dapat mencakup keseluruhan aktifitas manajemen, namun resiko keberhasilan meningkat dengan semakin besarnya cakupan. Akan jauh lebih mudah untuk memulai pada satu bagian manajemen atau sautu cluster activities manajemen.

Sebagai contoh, anda bisa memulai dulu pada proses perekrutan, atau pada proses pengembangan dan pelatihan SDM (learning and development) atau bisa juga pada proses pengelolaan kinerja. Selanjutnya dari aktifitas manajemen tersebut, dapat dipilih pada satu divisi dahulu, daripada mencoba pada keseluruhan fungsi/divisi organisasi, yang dapat menimbulkan kompleksitas atau kerumitan saat implementasinya.

Yang harus diingat pada saat memulai CBM pada suatu bagian organisasi atau fungsi organisasi, pastikan bahwa anda sudah memetakan secara lengkap produk finalisasinya maupun penyebaran sistemnya , sehingga segala sumber daya yang sudah dibangun pada awal mula pengembangan CBM, akan dapat melayani peningkatan skalabilitas maupun fungsionalitas di pengembangan berikutnya serta tidak terjadi redundan atau pengulangan proses awal. Sebagai contoh, instalasi dan adopsi HRIS  untuk pengelolaan competency information database yang dibutuhkan aktifitas manajemen hendaknya memiliki kesanggupan dan skalabilitas untuk melayani implementasi total (full implementation).

Agar berhasilan di tahap awal ini, anda benar-benar harus dapat menyiapkan rencana langkah pengembangan secara detil untuk setiap fase implementasi dan juga mengidentifikasi kriteria evaluasi untuk memonitor proses pengembangan dan implementasinya. Pemahaman baik mengenai manajemen proyek (project management) akan membantu anda dalam menyiapkan langkah ini.

Satu pemikiran pada “Langkah 1. Identifikasi area implementasi CBM (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s