Karakter metric sebagai KPI : Rated – Graded (3)

Sebagai karakter terakhir sebuah metric dapat disebut sebagai KPI adalah nilai tersebut diberi peringkat (rated / graded). Sebuah KPI yang efektif akan memberi peringkat rate atau grade terhadap besarnya ketimpangan (gap) yang terjadi. Menghubungkan sebuah rating system dengan KPI akan memberikan pemahaman  dalam membaca dan mengerti  makna apakah KPI tersebut memberikan sinyal bagus, buruk atau seberapa jauh dari target.

Ada dua model pemberian rating, yakni:

  • Model konvensional, ini adalah rating system dengan memberikan nilai “angka” atau “huruf” bisa berupa angka 1, 2, 3, 4, 5 atau nilai “A”, “B”, “C” dan “D”. Misalkan, KPI dengan pencapaian 90% atau lebih mendapat nilai A, antara 80%-89% mendapat nilai B, 70%-79% = C dan seterusnya. Nilai A menyatakan bahwa A adalah nilai sukses  dan B merupakan nilai dipertimbangkan cukup sukses.
  • Model simbolik atau kondisi. Dalam organisasi tertentu, penentuan dengan nilai “angka” atau “huruf” kadang bisa menimbulkan perselisihan. Untuk menghadapi hal ini, digunakan model simbolik atau kondisi, seperti penggunaan kata “Luar Biasa”, “Sangat Bagus”, “Bagus”, “Perlu Perbaikan”, “Tidak diterima”. Alternatif lain menggunakan model dashboard atau indikator, seperti warna pada lampu lalu lintas sebagai metafor. Contohnya “Biru” menggambarkan kuat/tangguh, “Hijau” = cukup kuat, “Kuning” = harus diperhatikan dan”Merah” sebagai tanda bahaya/urgent/critical.

Apapun model rating atau grade yang dibuat, kebanyakan (best practise) pemeringkatan dengan lima level lebih mudah diterima dari pada tiga level. Ini terkait dengan kecenderungan orang yang menghindari nilai ekstrim. Mengapa demikian? karena dengan mengabaikan nilai ekstrim atas dan bawah, anda masih  memiliki tiga nilai  didalamnya yang dapat melacak kemajuan target anda.

2 pemikiran pada “Karakter metric sebagai KPI : Rated – Graded (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s