Teknik menemukan dan merekrut talenta

Anda, sebagai seorang perekrut ditugaskan untuk mencari kandidat terbaik, merekrut orang yang benar-benar bertalenta untuk mengisi posisi penting dalam organisasi. Jika hal tersebut terjadi, apa yang anda lakukan ? bagaimana mencarinya? langkah apa saja yang sebaiknya dikerjakan?

Adalah suatu kenyataan umum bahwa individu dengan talenta berkualitas tinggi sangatlah langka, dan kebanyakan organisasi kesulitan memperolehnya. Beberapa karakter kandidat dengan talenta yang tinggi,  biasanya merupakan individu yang sangat sukses, dan tidak begitu bermotivasi untuk keluar dari posisi mereka serta juga tidak aktif mencari pekerjaan baru.  Namun, hal yang sebaliknya terjadi pada kandidat berkualitas rendah.

Cerita diatas adalah ilustrasi dimana organisasi seyogyanya menerapkan saluran komunikasi yang inovatif dalam rangka mengakses dan memperoleh individu bertalenta. Dengan demikian, diperlukan pemahaman mengenai apa gambaran talenta yang diperlukan untuk organisasi anda. Selanjutnya anda dapat memulai suatu ‘kampanye’ dalam menarik dan merekrut kandidat paling bertalenta bagi organisasi anda.

Untuk merekrut talenta terbaik, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan :

  1. Deifinisikan secara jelas tingkat kebutuhan talenta yang paling anda butuhkan.  Sebelum memulai pencarian, spesifikasikan kompetensi dan pengalaman minimum yang diperlukan  organisasi anda yang paling menggambarkan talenta. Contohnya : gambarkan secara detil tipe pencapaian individu (performance achievement) yang paling sesuai dan dengan jenis perusahaan/organisasi seperti apa.  Dengan langkah ini, anda telah menempatkan basis yang paling kuat dalam aktifitas rekruitmen untuk membantu memperoleh kandidat ideal bertalenta.
  2. Uraikan kesempatan yang menantang. Selanjutnya anda harus secara jelas mampu mendefinisikan kesempatan yang terbentang luas di dalam organisasi. Lebih jauh lagi, jelaskan pula pencapaian yang bisa diperoleh sesuai dengan peran / tanggungjawab pekerjaan bagi kandidat. Jangan lupa meletakkan keseimbangan antara kesempatan dan kualitas individu yang anda cari. Individu bertalenta tidak akan tertarik dengan kesempatan / tantangan yang terbatas, perusahaan yang sedang-sedang saja atau peran pekerjaan yang tidak menarik.
  3. Jalinlah kemitraan dengan agensi rekrutmen yang memahami dan mengerti kebutuhan anda. Agensi rekrutmen yang baik akan memahami talenta apa dan bagaimana memberikan kandidat terbaik yang memenuhi harapan anda. Tidaklah usah membuang waktu kepada agensi rekrutmen yang tidak memahami anda.
  4. Perankan “pemasaran” dalam merekrut talenta. Dengan mengambangkan pendekatan pemasaran, anda dapat memperoleh talenta berkualitas tinggi yang ‘pasif’ dan ‘terkungkung’ seperti gambaran diatas. Anda akan mengetahui, dimana individu-individu seperti ini berada, sebab anda sudah menjelaskan dengan gamblang di dalam spesifikasi pekerjaan awal. Anda boleh menggunakan kombinasi media cetak maupun online dan aktifitas lainnya yang menggambarkan aspek pemasaran efektif merekrut talenta. Jangan bergantung pada satu saluran komunikasi pemasaran, karena hanya memberikan akses terbatas terhadap kandidat bertalenta.
  5. Tentukan jangka waktu penempatan. Ingat, bahwa individu bertalenta memiliki waktu terbatas, dan biasanya kehilangan perhatian jika proses perekrutan terlalu lama.
  6. Kurangi resiko. Gunakan seperangkat tools yang efektif dalam screening kandidat, gunakan teknik competency based interview dan ujilah kandidat untuk memvalidasi ketrampilan dan kompetensi yang sesuai. Langkah paling penting untuk memvalidasi semua informasi ini dan yang menjadi proses final adalah mengecek referensi secara detil.

Dengan mengikuti langkah diatas, perekrut diharapkan akan memiliki kepercayaan tinggi terhadap semua kandidat yang telah dipilih dari kumpulan kandidat terbaik yang tersedia, sehingga organisasi dapat menemukan dan memperoleh individu bertalenta sesuai dengan kebutuhan dan sasaran organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s