Perencanaan Proses berbasis Apresiatif dengan model “4D”

Setelah mengetahui proses teknik wawancara berbasis apresiatif, selanjutnya kita bisa menggunakan model “4D” untuk perencanaan proses strategis. Model ini merupakan model yang paling populer untuk AI, yang dibentuk berdasarkan proyek pengembangan kemitraan di Zimbabwe untuk menangani anak-anak diberbagai tempat di afrika.

Secara tipikal, siklus 4D adalah : Discovery, Dreaming, Design dan Destiny (atau kadang disebut Discovery).  Setiap fase, memiliki proses wawancara tersendiri dan akan diberikan contohnya dibawah :

1. Fase Discovery

Dalam fase ini, anda akan menemukan apa yang anda hargai mengenai pekerjaan anda, organisasi anda, komunitas anda dll. Anda akan menanyakan serangkaian pertanyaan/pernyataan tentang “apa yang terbaik”, apa yang anda hargai tentang organisasi /perusahaan ini, pekerjaan, komunitas dll.

  • Gambarkan waktu yang paling anda banggakan ketika menjadi bagian dari komunitas / organisasi / tim proyek. Bagaimana situasi yang terjadi? Siapa saja yang terlibat? Apa yang membuatnya menjadi momen membanggakan?
  • Apa yang anda percayai sebagai keunggulan strategis paling penting di komunitas/organisasi / tim proyek? mengapa ?
  • Ceritakan saat anda terinspirasi dengan kepemimpinan yang besar. Apa yang membuatnya menjadi demikian? Siapa pemimpinnya, apa yang mereka lakukan sehingga anda terinspirasi?
  • Apa yang paling anda hargai tentang kepemimpinan di komunitas/organisasi/proyek anda?

2. Fase Dreaming

Dalam fase ini, anda akan memandang masa depan dan ‘memimpikan’ apa yang dapat terjadi. Fase ini ‘memimpikan’ bagaimana masa depan pekerjaan anda, komunitas anda atau organisasi anda.

  • Gambarkan tentang usaha/bisnis organisasi yang akan anda miliki dalam empat tahun ke depan. Bagaimana bentuk bisnis organisasi anda? Bagaimana lokasi bisnis anda? Bagaimana bisnis dapat diciptakan, dipertahankan dan diperluas? Apa sumberdaya yang akan digunakan?
  • Saat ini sudah empat tahun dari sekarang, dan ekonomi serta bisnis regional telah berkembang dalam berbagai jenis. Dengan jalan apa komunitas dan ekonomi regional menjadi bermacam-macam jenisnya? Bagaimana bisa menjadi bermacam jenis? Siapa saja yang terlibat?
  • Jika ada seorang ‘utusan Tuhan’ datang di depan anda, dan menawarkan bantuan untuk membantu mengabulkan tiga harapan untuk komunitas/organisasi anda, apa tiga harapan yang anda ajukan?
  • Gunakan tiga kata untuk menggambarkan komunitas/organisasi anda dalam empat tahun ke depan mulai dari sekarang. Mengapa anda ambil tiga kata tersebut?

3. Fase Design

Selama fase ini anda akan mengkonstruksi komunitas/organisasi yang sudah anda bicarakan di dalam fase Discovery dan Dreaming. Anda mengambil informasi tersebut dan mulai membuat bagian-bagian organisasi yang akan menciptakan organisasi anda di masa depan.

  • Apa yang seharusnya paling ideal untuk komunitas/organisasi anda?Seperti apa bentuk struktur tata kelola komunitas/organisasi anda? Bagaimana pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi komunitas/organisasi anda?
  • Apa definisi dari komunitas/organisasi anda? Bagaimana membangun dan mengembangkan pemimpin baru? Bagaimana organisasi mempelajari  sesuatu yang baru?
  • Struktur apa yang diperlukan bagi komunitas/organisasi agar tetap tumbuh dan berkembang terus menerus secara ekonomis dan berkelanjutan?
  • Apa yang seharusnya ada di dalam komunitas/organisasi untuk menarik dan menahan individu terbaik di dalam komunitas/organisasi?

4. Fase Destiny / Delivery

Di fase ini anda akan membuat rencana aksi bagaimana mentransformasikan komunitas/organisasi yang telah digambarkan pada fase discover dan fase dreaming serta diciptakan di fase design.

  • Apa daftar aksi yang kita butuhkan untuk menopang penciptaan komunitas/organisasi masa depan?
  • Siapa yang akan bersedia untuk bekerja dalam langkah aksi tersebut?
  • Seberapa penting variasi dalam langkah aksi tersebut?
  • Bagaimana kita berurusan dengan kelanjutan dari rencana, meyakinkan bahwa kita akan mendapatkannya dan tetap bekerja sesuai rencana tersebut?
  • Apa sumberdaya tambahan yang akan kita butuhkan untuk menciptakan komunitas/organisasi yang sudah digambarkan dalam fase Discover, Dreaming dan diangkat dalam fase Design?
  • Apa jadwal waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan langkah aksi tersebut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s