Membentuk Pernyataan Apresiatif (2)

Menggunakan teknik wawancara berbasis Apresiatif (Appreciative Inquiry based Interview)

Dalam menjalankan teknik AI untuk suatu pencapaian target, penyelesaian suatu masalah atau dalam konteks pengelolaan perubahan di dalam organisasi, dilakukan dulu langkah interview sebagai salah satu cara menggali potensi, kekuatan dan nilai-nilai yang ada di tim yang dapat menunjang keberhasilan tim meraih kesuksesan. Adapun cara untuk melaksanakan interview dalam menggali potensi kekuatan sesuai fase AI, memerlukan langkah-langkah sebagai berikut : 

  1. Siapkan orang yang akan diwawancarai untuk sesi AI ini. Umumnya dilakukan secara berpasangan, satu interviewer dan satu interviewee. Jumlah interviewer tergantung tim yang akan menjalankan proses dengan teknik AI. Jika ada 3 orang, maka ada 2 orang interviewer dan satu interviewee.
  2. Siapkan pertanyaan berbasis apresiatif.
  3. Pilihlah tempat dimana interview bisa dilakukan dengan fokus dan tidak ada gangguan. Artinya, tempat yang tenang dan kondusif dalam interview.
  4. Ciptakan suasana dan lingkungan interview yang penuh dengan penghargaan dan semangat.
  5. Jelaskan maksud dan tujuan interview apresiatif ini kepada yang diinterview (interviewee). Biasanya didahului dengan sesi penjelasan, makna dan manfaat yang diperoleh melalui interview apresiatif dalam menggali potensi, kekuatan atau keunggulan untuk menuntaskan suatu masalah / mendapatkan kesuksesan tim.
  6. Selama proses interview, dengarkan dan perhatikan secara seksama, sehingga anda dapat menulis semua ide dan nilai-nilai positif yang anda dengar dari interviewee. Anda boleh menggunakan kalimat langsung untuk mendapatkan kesimpulan kembali dari interview.
  7. Teknik wawancara berbasis apresiatif, akan memiliki banyak energi dan kegairahan positif. Libatkan dalam kegembiraan dan gairah positif dengan menanyakan pada momen yang tepat sehingga dapat menggali lebih dalam untuk memperoleh pengertian mengenai situasi atau keadaan yang paling tepat dalam menangkap ide, kekuatan dan potensi yang ada .
  8. Sekali proses interview selesai dengan satu orang, gantilah posisi atau dibuat secara bergiliran sesuai dengan jumlah tim yang ada. Lakukan kembali proses interview mulai dari awal sampai akhir.
  9. Siapkan laporan setelah proses interview berbasis AI sudah selesai untuk keseluruhan anggota tim.
  10. Nikmati keseluruhan proses interview, karena suasana yang diciptakan adalah suasana penuh dengan penghargaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s