Menghindari penipuan lowongan kerja

Posted on Updated on

vacancy.jpgDi masa sekarang ini, terlebih dengan tingginya angka pengangguran SDM di Indonesia, maka banyak sekali orang yang melakukan penipuan lowongan kerja. Entah sudah berapa banyak yang terjerat baik karena ketidatahuan maupun memang karena penipu ini sangat lihai.  Bahkan dengan semakin canggihnya teknologi, tidak sedikit yang menggunakannya sebagai sarana menjerat para pencari kerja. 

Memang, bila dalam keadaan belum bekerja, terkadang para pencari kerja kehilangan kehati-hatian dalam menyeleksi lowongan kerja. Apapun dijalani dan diberikan asal dapat pekerjaan. Namun, sudah sewajarnya para pencari kerja juga menggunakan logika dan berpikir analisis rasional agar tidak terjebak dalam penipuan yang berkedok lowongan kerja. Atas dasar itulah, penulis berupaya merangkum segala trik dan teknik yang mungkin dipakai para penipu yang berkedok lowongan kerja, agar pencari kerja benar-benar terhindar dari jebakan tersebut. 

Berikut adalah tipsnya : 

  • Saat mencari lowongan kerja, perhatikan Iklan Lowongan Kerja baik yang dimuat di media massa atau media elektronic lainnya. Ciri-ciri lowongan kerja yang baik adalah menggunakan : Alamat lengkap, memberikan uraian pekerjaan yang jelas , dan bila menggunakan email selalu menggunakan email sendiri misal : recruitment@namakantor.co.id, jarang menggunakan alamat email gratisan (yahoo, gmail, dll). Berhati-hati mengirim berkas lamaran ke alamat email gratisan tersebut. Umumnya, ciri-ciri penipu yang menggunakan email adalah mereka biasanya mendaftar pada milis lowongan pekerja, tapi jika dicek di milis, mereka mengeset email gratisnya no-mail 
  • Bila anda dipanggil untuk test, wawancara dan sebagainya, kemudian dinyatakan lulus perhatikan apakah anda dimintakan uang atau tidak. Jangan pernah melayani segala permintaan uang dari si pemberi kerja apapun alasannya, misalnya untuk biaya training, penempatan lokasi, jaminan dan seterusnya, karena itu adalah indikasi nyata penipuan. Berapapun biayanya, baik hanya sekitar puluhan ribu apalagi jika sampai jutaan rupiah.  Perlu diperhatikan terutama bagi pencari kerja yang fresh, bahwa segala biaya pencarian kerja baik dilakukan oleh internal maupun agency (recruitment agency) adalah tanggungan dari pemberi kerja (employer). 
  • Jika anda ditawari orang yang sanggup memberikan suatu pekerjaan dengan syarat imbalan uang sebagai pelicin, sebaiknya lupakan saja. Orang seperti ini adalah calo tenaga kerja yang kebanyakan juga adalah penipu. Sasaran utama mereka adalah pencari kerja untuk pegawai negeri sipil, pegawai pemda atau badan usaha negara. Ikuti saja jalur resmi, karena jalur tersebut murni tanpa uang sama sekali. 
  • Berhati-hati jika anda ditawari suatu posisi yang berbeda jauh dengan posisi yang anda lamar, misalnya melamar posisi untuk staff administrasi keuangan, tetapi ditawari posisi staf marketing. Lakukan cek dan ricek terhadap perubahan posisi tersebut, dan ini sebenarnya tergantung anda apakah mau menerima atau tidak. Sekali lagi, jika anda dimintai uang, jangan layani. Kadang biasanya ini berkedok money game, investasi, future trading, marketing product atau MLM. Sekali lagi cek pada asosiasi profesional apakah perusahaan tersebut terdaftar atau tidak, seperti APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) untuk MLM, Bursa Efek / Berjangka untuk investasi dst. 
  • Jika dalam proses wawancara kerja, kemudian anda dimintakan data berharga seperti nomor kartu kredit dan nomor rekening, jangan layani. Karena ini termasuk penipuan juga, yang biasanya melibatkan orang yang mengerti tentang teknologi kartu kredit dan transfer di bank. 
  • Berhati-hati pada penawaran kerja oleh seseorang  yang tidak anda kenal baik untuk penempatan di daerah jauh dari domisili anda atau lintas pulau/provinsi bahkan di luar negeri. Biasanya tawaran kerja ini kepada karyawati untuk skill yang tidak tinggi seperti pekerja salon kecantikan, pekerja hiburan/hotel, jasa dll. Umumnya disertai dengan iming-iming gaji jutaan bahkan belasan juta jika dirupiahkan. Banyak penawaran kerja ini sebenarnya adalah penipuan atau masuk ke dalam sindikat perdagangan manusia (trafficking).

Demikian mengenai tips untuk menghindari penipuan kerja. Semoga para pencari kerja selalu berpikir rasional, logis dan hati-hati dalam mencari kerja maupun menanggapi penawaran kerja yang datang. 

About these ads

12 thoughts on “Menghindari penipuan lowongan kerja

    yos said:
    Mei 14, 2008 pukul 4:07 pm

    bro klo bisa ada forum yg menyajikan
    info2 lowongan kerja yg jelas…
    bukannya info2 lowongan yang penuh penipuan

    tks

    ilmusdm responded:
    Mei 31, 2008 pukul 1:50 pm

    Boleh mas Yos, nanti akan saya kirimkan informasi mengenai lowongan yang jelas….

    salam hangat,
    Shahindra

    steve said:
    Oktober 13, 2008 pukul 2:33 pm

    sekedar berbagi pengalaman….

    buat kalian yang baru lulus (fresh Graduated) hati-hati terhadap MAXGAIN, mereka itu tuh gencar banget mengincar kalian…..

    motifnya awalnya kita ditelepon dan diberi kedudukan yang kedengarannya mantap, bagi orang awam…. Trus di Training lagi….

    Kalau Fresh Graduated sih, pasti langsung kegirangan…

    Ujung – ujungnya kita dituntut untuk mencari nasabah yang ingin berinvestasi dengan jumlah total uang yang besar….

    Oleh kaena itu HATI-HATILAH……..

    Lebih baik kalian mengikuti sembari mencari lowongan mendingan mencari uang melalui internet…

    Mau tau….

    http://aboutmusicandmoneymaker.blogspot.com/

    Ridwan said:
    Februari 12, 2010 pukul 8:19 am

    Ada yang tahu info tentang PT SINERGI ga?
    Barusan saya mendapat kabar bahwa saya sedang dipertimbangkan untuk seleksi diperusahaannya yg bergerak dibidang kelapa sawit, dia nanya cukup lengkap (di telp, dia pke no.ponselnya),pertanyaannya kliatan normal si :

    1.bersedia ditempatkan seluruh indonesia bahkan malaysia
    2.bersedia ikatan dinas 3 tahun
    3.minta gaji brapa
    4.tinggi ma berat badan
    5.bagaimana menghadapi masalah
    6.bisa ikut seleksi/interview dmn,balikpapan apa jkt
    7.minta jaminan ijasah
    8.minta ditempatin dmn
    9.udah kerja blom (itu pertanyaan pertama)

    Katanya nanti di telp lagi kalo diikutsertakan seleksi

    Nah saya kesulitan mencari profil PT sinergi itu,yg ada juga PT sinergi tuh bergerak dibidang IT bukan kelapa sawit

    Saya lupa apa saya pernah mengirim lamaran kesitu apa ngga.

    biasanya lamaran via email, alamat email perusahaan yg saya lamar saya otomatisin save di kontak email saya.

    Nah Pas saya cek, ga ada tuh lamaran saya ke PT SINERGI..

    Bingung dehh

    Sony said:
    Mei 5, 2012 pukul 8:26 am

    minta ijin copas, bos… boleh gak? :)

      Tengku Shahindra responded:
      Mei 6, 2012 pukul 1:08 am

      Silakan mas Sony,

      salam,

    Sony said:
    Mei 6, 2012 pukul 4:41 pm

    Matur tengkyu…. :)

    irham said:
    Mei 14, 2013 pukul 6:03 pm

    anjing smua dasar, babi monyet setan iblis tu org yg pd msang iklan lowker ga bnr dg dg iming2 menjanjikan, w dh tau skrng
    w sumpain tu pd mati yg brbuat busuk
    anjing
    w tantangin bacok2an u yg pd nipu
    ank psanggrah w

    irham said:
    Mei 14, 2013 pukul 6:05 pm

    thank ats infonya man

    Menghindari Penipuan Lowongan Kerja (2) | Ilmu SDM said:
    Agustus 22, 2013 pukul 9:31 am

    […] tulisan sebelumnya  telah dimuat tips-tips menghindari penipuan lowongan kerja. Untuk kali ini, akan ditambahkan tips […]

    Darmawan said:
    Agustus 22, 2013 pukul 4:46 pm

    Reblogged this on Sederhana Memberi Makna.

    hendy said:
    Februari 5, 2014 pukul 1:17 am

    hati-hati terhadap penerimaan kerja dengan perusahaan yang bekerja sama dengan travel agent dan meminta uang tiket, upayakan cek n ricek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s