Mengenal audit SDM (HR Audit)

Audit SDMMungkin untuk sementara orang, jika mengenal kata audit langsung terbayang sesuatu yang berhubungan dengan standar, prosedur keuangan, finansial, prosedur dll, dimana dilakukan pengecekan, pemeriksaan apakah proses sudah dijalankan sesuai prosedur atau standar berlaku. Bagi yang berkecimpung dalam aspek keuangan, memang tidak aneh karena sudah ada standar internasional (GAAP, Sarbanes-Oxley, IFRS dll) atau untuk management juga ada standar ISO (9001, 14000, 18000). Tapi jika SDM diaudit, standar apa yang dipakai? mengapa harus ada audit SDM? Untuk apa ?. Mungkin bagi sebagian orang masih belum lazim mendengar istilah audit SDM. 

Dengan perkembangan teknologi, sistem, manajemen maupun kebutuhan organisasi, fungsi audit sekarang sudah semakin meluas dan melingkupi hampir semua aspek manajemen. Ada audit keuangan, finansial, Information Technology, Safety, Lingkungan, audit energy dan bahkan SDM sendiri termasuk obyek yang dapat diaudit. Terus apa yang dimaksud dengan Audit SDM?.  

Audit SDM adalah proses meninjau (review) secara komprehensif suatu sistem dan/atau proses suatu organisasi apakah sudah memenuhi kebutuhan atau proyeksi masa depan kebutuhan fungsi SDM organisasi, baik apakah itu untuk memenuhi standar lokal (pemda, pemprov), standar internal (SOP, Company Policy) atau regulasi (International Standard atau Standar pemerintah). 

Manfaat utama dalam audit SDM diantaranya bisa mengetahui proses mana yang belum memenuhi persyaratan hukum berlaku sehingga meminimalisir proses internal organisasi yang berpotensi melanggar hukum, dan yang terpenting adalah membantu organisasi secara sistematis untuk mengidentifikasi kondisi saat ini serta langkah aksi apa yang perlu dijalankan untuk meningkatkan kinerja proses fungsi SDM. 

Kegagalan dalam mengidentifkasi penyebab potensial yang bisa membahayakan atau berpotensi melanggar hukum dapat menimbulkan efek yang merugikan perusahaan atau organisasi.  Karena itu, audit SDM merupakan salah satu cara untuk mengenal sejauh mana proses internal, sistem prosedur organisasi sudah memenuhi aspek keamanan baik secara hukum maupun juga membantu mengidentifikasi bagian SDM yang belum berjalan secara efektif dan efisien.  Peninjauan secara berkala terhadap sistem dan prosedur organisasi yang berhubungan dengan SDM, tidak hanya membantu agar sistem dan prosedur tetap memenuhi persyaratan, namun juga membantu aspek finansial perusahaan agar tetap stabil dan mantap. 

Obyek SDM yang diaudit 

Aspek SDM yang dapat diaudit cukup luas, karena SDM itu sendiri mencakup fungsi perencanaan, fungsi pengembangan, fungsi pemeliharaan, fungsi informasi, fungsi penghargaan dan penghukuman, serta fungsi peningkatan kinerja. Dengan demikian jika dirinci, obyek yang dapat diaudit adalah sebagai berikut : 

  • Fungsi Perencanaan : Manpower Planning, Manpower Recruitment, Manpower Fulfillment, Sourcing Candidate.        
  • Fungsi Pengembangan : Training, Development, Coaching, Mentoring.
  • Fungsi Informasi & Teknologi : Personnel Data base, Sistem Informasi Manajemen SDM (HRIS).
  • Fungsi Pemerliharaan : Industrial Relation, Corporate Social Responsibility.
  • Fungsi Penghargaan dan Penghukuman : Compensation & Benefit,  Reward, Termination, Punishment.
  • Fungsi Peningkatan kinerja : Performance Management System, Pay for Performance.

Dari aspek diatas, kebanyakan masih berkutat dalam hal sistem dan prosedur dimana aspek ini sering disebut sebagai sisi Hard Capabilities Organisasi. Perkembangan selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan audit, adalah juga mengaudit aspek Soft Organisasi, antara lain :

  • Budaya Organisasi,
  • Audit competency staff SDM,
  • Audit kepuasan terhadap fungsi SDM.

Penjelasan lebih lanjut akan diteruskan pada tulisan berikutnya.

About these ads

8 pemikiran pada “Mengenal audit SDM (HR Audit)

  1. Hallo pakar SDM,

    Saya sangat tertarik dengan audit fungsi SDM. Punya penelitian, teori lain atau tools ga untuk audit fungsi SDM ini ? thanks banget..Jolie

  2. Dear Pakar SDM,
    Pemerintah Republik Indonesia tampaknya dapat dibilang gagal membina n mengembangkan aparaturnya, soalnya banyak orang yang asalnya ‘bagus’ ketika masuk jd PNS menjadi ‘memble’. Sy kira salah satunya karena fungsi SDM yg ga jalan. Nah dlm kondisi begitu, apakah Audit SDM bisa dipaksakan? Mohon pendpatnya. Thanks.

  3. Hallo Pakar SDM,

    Penerapan audit SDM di aparatur pemerintahan saya kira tidak berjalan dikarenakan Job desc yg diberikan kurang jelas untuk tiap2x perseorangan selain tenaga kerjanya yg menurut saya berlebihan dan jadi kurang produktif. Tidak sebanding dengan qualitas seleksinya yg mengharuskan punya otak encer… setelah di terima otak encernya ngk dimanfaatin scr optimal

  4. Hallo pakar SDM,

    Dikemukakan di atas bahwa Audit SDM merupakan suatu proses peninjauan kembali apakah sistem dalam organisasi sudah sesuai dengan fungsi SDM yang di harapkan,baik yg telah memnuhi standar lokal (pemda / pemprov) maupun pemerintah.

    Mohon di berikan contoh dan penjelasan lebih jauh mengenai maksud dari standart lokal (pemda/pemprov). Terimakasih atas penjelasannya.

  5. pak, tolong donk kirimin contoh audit program sdm seperti rekrutmen, pelatihan, kompensasi, atau yang lain!
    tolong ya pak secepatnya.
    trims sebelumnya atas bantuan bapak!

  6. Ping balik: Training Quality Indonesia-Konsultan ISO 9001-Konsultan Advance quality-Pelatihan Mutu | Kami lembaga Training Quality dan Konsultasi ISO untuk implementasi sertifikasi mutu dan kualitas produk maupun jasa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s